Pengertian Bioma

Posted on

Pengertian Bioma – Pernahkah kalian melihat beruang kutub? Hewan yang memiliki bulu berwarna putih lebat itu terlihat sangat menggemaskanbukan? Sayangnya, kehadiran beruang kutub hanya dapat kita temui di wilayah Arktik atau Kutub Utara. Mengapa begitu? Hal itu bisa terjadi sebab habitat hidup beruang kutub berada di lingkungan salju atau daratan es yang tidak mempunyai pepohonan sama sekali. 

bioma

Daratan seperti itu biasa disebut sebagai bioma tundra. Itulah sebabnya mengapa beruang kutub tergolong ke dalam salah satu fauna penghuni bioma tundra. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan pengertian bioma itu serta apa saja macam-macam bioma itu? Temukan jawabannya pada artikel kali ini mengenai bioma dan macam-macamnya.

Pengertian Bioma

Pengertian Bioma merupakan sebuah ekosistem berukuran besar dengan daerah yang terdiri dari hewan dan tumbuhan yang khas. Bioma sendiri adalah sebuah ekosistem-ekosistem yang terbentuk dari adanya perbedaan letak geografis serta astronomis. Pada dasarnya bioma ini tersusun oleh produsen, konsumen dan juga pengurai yang di dalamnya ada siklus yang diawali oleh tumbuhan.

Bioma merupakan sebuah kumpulan kehidupan organisme yang telah mencapai titik klimaks di sebuah daerah yang ada muka bumi ini. Bioma umumnya terbentuk karena adanya pengaruh iklim di sebuah wilayah.

Biasanya terjadi karena akibat dari adanya perbedaan intensitas cahaya yang disebabkan oleh perbedaan letak geografisdan faktor ketinggian. Di habitat darat biasanya dikenal dengan istilah Bioma yakni daerah habitat yang meliputi skala yang luas.

Bioma biasanya ditentukan dengan adanya struktur tumbuhan, berbagai macam daun, jarak antar tumbuhan serta juga iklim. Berbeda dengan zona hewan dan tumbuhan, bioma tidak dapat dibedakan dari segi genetik, taksonomi, atau kesamaam sejarahnya. Definisi lain dari bioma yaitu ekosistem besar dengan daerah yang tersusun oleh hewan dan tumbuhan yang khas.

Tak heran apabila hewan yang tinggal di bioma tertentu jarang bisa ditemukan di tempat lain. Misalnya saja beruang kutub yang hanya dapat ditemukan di bioma tundra atau daratan es yang minim tumbuhan. 

Baca Juga:  Negara Maju dan Berkembang

Ciri-ciri Bioma

Untuk karakteristik utama dari bioma itu sendiri yaitu dominasi oleh vegetasi tertentu pada suatu daerah dengan pengaruh kondisi iklim yang ada di regionalnya. Sehingga perbedaan antar bioma bisa terlihat sangat jelas dari vegetasi yang tumbuh di dalamnya. Bioma bisa bagi menjadi beberapa macam yang bisa ditentukan oleh iklim, curah hujan, letak geografis atau intensitas cahaya matahari.

  • Terbentuknya interaksi unsur-unsur lingkungan yakni air, iklim, tanah serta organisme yang hidup di sebuah wilayah.
  • Merupakan komunitas klimak sebagai penanda wolayah tersebut memiliki bentuk vegetasi utama yang mendominasi.
  • Komunitas yang tergolong stabil, kecuali pada suatu kejadian yang mengganggu dalam kestabilan komunitas.
  • Bisa dikenali dengan cara melihat dominasi vegetasinya.
  • Penamaan bioma yang biasanya didasarkan pada vegetasi yang dominasi.

Fungsi Bioma

Bioma sendiri adlah ekosistem terbesar yang dimiliki oleh suatu flora dan fauna yang khas, yang pada dasarnya terdiri dari produsen, konsumen, serta pengurai, yang di dalamnya ada aliran materi serta energi yang selalu dimulai dari tumbuhan.

Ciri khas dari sebuah bioma sendiri ialah adanya suatu vegetasi tertentu yang dominan di suatu daerah yang dipengaruhi dengan kondisi iklim regionalnya, serta oleh sebab itu, perbedaan antar bioma bisa terlihat sangat jelas dari jenis-jenis vegetasi yang ada di dalamnnya.

Adapun beberapa fungsi dari bioma adalah sebagai berikut:

  • Mempermudah dalam melaksanakan penataan sebuah populasi
  • Mempermudah dalam mengelompokkan flora dan fauna yang baru ditemukan
  • Dapat mengetahui jenis flora dan fauna berdasarkan cara hidupnya untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  • Mempermudah dalam melaksanakan pendataan jenis-jenis flora dan fauna

Macam-macam Bioma

Ternyata ada beberapa macam bioma yang ada di muka Bumi ini. Ingin tahu selengkapnya? Simal uraian di bawah ini.

Bioma Gurun Pasir

Membaca namanya saja, mungkin kalia telah bisa membayangkan bagaimana bentuk bioma jenis ini. Gurun terkenal dengan wilayahnya yang sedikit sekali hujan. Curah hujannya terbilang sangat rendah, yakni di bawah 20 cm/tahun. Suhu ekstrem yang dapat terjadi di gurun ini mencapai 60o C. Tak heran apabila struktur tanahnya sangat mudah untuk pecah. 

Walaupun demikian, masih ada kok hewan serta tumbuhan yang dapat bertahan hidup di bioma jenis ini. Contoh tumbuhan yang dapat hidup di bioma jenis ini adalah kaktus, sukulen, eukaliptus, serta tumbuhan berdaun kaku lainnya. Sedangkan untuk hewannya ialah kalajengking, unta, ular, laba-laba, kadal, serta beberapa jenis serangga.

Bioma Padang Rumput

Padang rumput dapat ditemukan pada daerah tropis atau subtropis. Curah hujan yang ada di bioma jenis ini adalah 250 – 500 mm/tahun. Stepa atau sabana umumnya berada di wilayah perbatasan antara tropis dengan subtropis, contohnya di, Rusia bagian selatan, Asia Tengah, Amerika Selatan, atau Australia.

Bioma Sabana

Secara umum, bioma sabana hampir mirip dengan padang rumput. Hal yang membedakan hanayalah adanya pepohonan yang tumbuh secara merata, seperti akasia dan palem. Hewan yang dapat hidup di bioma jenis ini adalah singa, zebra, gajah, jerapah, serta kerbau. Sabana yang sangat terkenal ada di Afrika Timur, tepatnya berada di Tanzania, yakni di Dataran Serengeti.

Bioma Hujan Tropis

Bioma hutan tropis adalah jenis hutan yang sangat subur dan hanya dapat ditemukan di daerah tropis. Keanekaragaman tumbuhan yang hidup di bioma ini sangat tinggi. 

Tumbuhan yang dapat ditemukan di bioma ini merupakan tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi 20 – 40 m, rotan, epifit, anggrek, paku sarang burung, serta masih banyak lagi yang lainnya. Hewan yang dapat ditemukan di hutan ini ialah kera, tupai, beragam jenis burung, macan, singa, jaguar, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Bioma Hutan Gugur

Musim gugur adalah salah satu ciri musiman yang hanya dapat kita temukan di negara subtropis atau daerah yang memiliki empat musim. Tak heran apabila bioma hutan gugur pun hanya bisa ditemukan di daerah subtropis, seperti Jepang, Korea Cina, bagian Timur Amerika Serikat, Australia, atau Inggris. Jumlah pohon yang bisa hidup di bioma ini tidak banyak serta tidak terlalu rapat. 

Bioma Taiga

Bioma taiga merupakan bioma yang didominasi oleh tumbuhan berdaun seperti jarum. Bioma ini dapat kita temukan di antara daerah subtropis dan kutub, misalnya Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska, dan Kanada.

Tumbuhan yang dapat hidup di bioma jenis ini didominasi oleh tumbuhan konifer seperti pinus, albus, cemara, juniper, elder, serta spruce. Sementara itu, hewan yang ada di bioma jenis ini adalah beruang hitam, serigala, tupai, serta beberapa jenis burung.

Bioma Tundra

Tundra adalah istilah yang mempunyai arti dataran tanpa pepohonan. Sudah jelas jika bioma tundra merupakan bioma yang tidak dihuni oleh pepohonan seperti jenis bioma yang lain. Hal itu dikarenakan bioma tundra ini berada di daerah bersuhu ekstrem seperti daerah kutub. 

Tumbuhan yang dapat hidup di bioma ini antara lain adalah lumut, lumut kerak, rumput. Hewan yang dapat kita temukan di daerah ini antara lain beruang kutub, penguin, singa laut, walrus, rusa kutub, anjing kutub, bison yang berbulu tebal, serta beberapa jenis burung.