Negara Maju dan Berkembang

Posted on

Negara Maju dan Berkembang – Masing-masing Negara pasti mempunyai kondisi ekonominya sendiri dan yang pasti berbeda beda setiap negara yang satu dengan negara yang lainnya.

negara maju dan berkembang

Ada negara yang masih bergantung dengan negara lain, ada negara yang hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan negaranya sendiri, namun ada juga negara yang sudah mampu memberikan bantuan kepada negara yang lain, ada negara yang pendapatanya tinggi, ada juga negara yang pendapatannya rendah, ada  yang pertumbuhan ekonominya pesat ada juga negara yang pertumbuhan ekonominya lambat.

Perbedaan kondisi ini yang menyebabkan terjadinya pengklasifikasian negara berdasarkan kondisi ekonomi negaranya, yakni menjadi negara maju dan berkembang, di mana dalam setiap kelompoknya mempunyai ciri negaranya tersendiri yang membedakan dengan negara lain yang lain.

Untuk penjelasan lebih lanjut, kalian bisa menyimak uraiannyadi bawah ini.

Pengertian Negara Maju

Istilah negara maju biasa digunakan untuk mengelompokkan negara-negara yang berkembang dan sudah maju dari segi ekonomi, di mana sektor industri ketiga serta sektor industri keempat sudah sangat mendominasi.

Untuk kalian ketahui, sektor industri pertama dalam kegiatan ekonomi adalah kegiatan atau usaha untuk mengubah sumber daya alam menjadi barang setengah jadi dalam industri. Kegiatan ekonomi pada level ini biasanya meliputi sektor pertanian, agribisnis, kehutanan, serta pertambangan.

Sektor industri kedua dalam dunia ekonomi adalah kegiatan atau usaha dalam mengolah barang setengah jadi yang dihasilkan oleh kegiatan industry pertama untuk bisa diolah lebih lanjut lalu menghasilkan barang siap pakai.

Kegiatan ekonomi yang ada di negara maju yang didominasi oleh para industri tingkat ketiga serta keempat ini akan memberikan pendapatan yang sangat tinggi ke negara. Penghasilan atau pendapatan yang tinggi sangat menentukan tingginya pendapatan perkapita (GNP perkapita), ataupun tingginya Indeks Pertumbuhan Manusia (HDI) pada sebuah negara.

Dengan kata lain, industri tingkat ketiga dan keempat yang ada pada negara maju memosisikannya pada tingkat negara dengan pendapatan perkapita serta HDI yang tinggi.

Selain kata “negara maju”, orang juga biasa menyebutnya dengan kata Negara industri, negara yang lebih maju, negara yang lebih maju secara ekonomi, negara-negara utara, atau negara pasca industri.

Baca Juga: Negara Serikat (Federal)

Pengertian Negara Berkembang

Negara berkembang merupakan sebutan yang dipakai untuk menjelaskan serta mengkategorikan negara-negara di dunia yang mempunyai standar hidup negara rendah, negara-negara yang kurang berkembang, nilai Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) berada pada nilai menengah ke bawah, dann juga rendahnya pendapatan perkapita negara.

Negara yang dikategorikan sebagai negara berkembang merupakan negara-negara yang belum mencapai titik negara maju, namun bukan negara yang gagal (failed state).

Dengan kata lain, negara berkembang ada di antara negara maju dan negara gagal. Negara berkembang yang meempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat jika dibandingkan negara lain yang setingkat, namun belum mencapai tingkat negara maju biasa disebut negara negara baru.

Dengan kata lain negara-negara baru yang sedang berkembang mencapai tingkat negara maju namun belum cukup untuk disebut sebagai negara maju. Negara-negara yang mempunyai pertumbuhan ekonomi negara stabil dalam jangka waktu yang lama, juga bisa disebut sebagai negara negara baru.

Ciri-ciri Negara Maju

Pendapatan Perkapita Tinggi

Negara yang maju mempunyai pendapatan perkapita yang tinggi di setiap tahunnya. Dengan mempunyai pendapatan perkapita yang tinggi, nilai ekonomi negara itu juga akan terdongkrak. Oleh sebab itu, jumlah kemiskinan dapat diatasi.

Keamanan Terjamin

Tingkat keamanan di negara maju sudah lebih terjamin apabila kita bandingkan dengan negara yang masih berkembang. Hal ini pun merupakan efek samping dari adanya teknologi di negara maju. Dengan teknologi yang sudah sangat canggih, fasilitas keamanan serta teknologi persenjataan pun ikut berkembang menjadi lebih baik. 

Kesehatan Terjamin

Selain keamanan yang terjamin, kesehatan di sebuah negara maju pun sudah terjamin. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya fasilitas kesehatan yang sudah sangat memadai, seperti rumah sakit serta petugas medis yang terlatih dan handal. Oleh karena itu, angka kematian si negara maju dapat ditekan serta harapan hidup penduduknya bisa tinggi. Selain itu, dengan adanya fasilitas kesehatan yang sudah memadai, perkembangan penduduk di negara maju pun dapat terkontrol. 

Kecilnya Angka Pengangguran

Di sebuah negara maju, angka pengangguran relatif kecil sebab semua masayarakatnya bisa memiliki pekerjaan dengan mudah. 

Menguasai IPTEK

Masyarakat di negara maju biasanya sudah sangat menguasai IPTEK. Oleh sebab itu, dalam kehidupan sehari-hari, mereka pun telah menggunakan teknologi canggih serta alat-alat modern untuk menjalani kehidupan sehari-hari. 

Tingkat Ekspor Lebih Tinggi

Tingkat ekspor pada negara maju pasti akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat impornya karena unggulnya SDM serta teknologi yang mereka miliki. 

Ciri-ciri Negara Berkembang

Pendapatan Perkapita Rendah

Pendapatan per tahun di negara berkembang tidak akan sebesar negara maju karena masih tingginya angka pengangguran di negara tersebut.

Keamanan Tidak Terjamin

Tidak seperti pada negara maju, keamanan yang ada di negara berkembang masih sangat minim serta sangat tidak layak. Oleh sebab itu, angka kriminalitas pada negara maju pun masih cukup tinggi.

Minim Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan yang ada di negara berkembang pun tergolong minim. Belum terlalu banyak fasilitas kesehatan yang layak pakai akan menyebabkan penduduk di negara tersebut lebih rentan dengan penyakit. Oleh sebab itu, angka kematian di negara berkembang pun cenderung lebih besar dibanding angka kematian di negara maju, yang akan mengakibatkan rendahnya angka harapan hidup. 

Perkembangan Penduduk Tidak Terkendali

Negara berkembang memiliki jumlah rata-rata penduduk yang sangat besar jika dibandingkan negara maju sebab tidak terkendalinya perkembangan penduduk pada negara tersebut. Hal ini pun merupakan dampak dari minimnya edukasi serta fasilitas kesehatan. 

Angka Pengangguran Tinggi

Di negara berkembang, angka pengangguran masih sangat tinggi sebab lowongan pekerjaan yang ada masih belum tersebar secara merata. Selain itu, tingkat pendidikan yang kurang memadai pun menjadi salah satu alasan besarnya angka pengangguran. 

Tingkat Impor Lebih Tinggi

Karena rendahnya pengelolaan SDA serta SDM di negara berkembang, negara ini lebih sering membeli barang dari luar negeri dibanding menjual barang ke luar.