Kode Remot TV TCL

Posted on

Kode Remot TV TCL – Semua merk TV yang ada serta pernah diproduksi pasti mempunyai kode yang berbeda-beda, bahkan pada setiap jenisnya saja berbeda. Lalu apa sebenarnya fungsi dari kode remot TV?.

kode remot tv tcl

Kode remot TV mempunyai fungsi untuk mengatur remot baru supaya dapat dipakai secara normal atau semestinya. Dan umumnya penggunaan remot yang memakai kode dipakai ketika remot bawaan asli dari TV tersebut mengalami kerusakan atau hilang entah kemana.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang kode remot dari salah satu merk TV yakni merk TCL. TCL adalah salah satu produsen smart produk yang banyak memproduksi alat-alat elektronik, tidak terkecuali pada produk TV-nya.

TCL adalah sebuah perusahaan elektronik asal China yang memproduksi banyak alat rumah tangga seperti AC, mesin cuci, kulkas serta pesawat televisi. Perusahaan ini sudah ekspansi pasar ke berbagai macam negara termasuk Indonesia sehingga tidak heran apabila produk TCL cukup banyak terlihat di pasar Indonesia.

Walaupun brand TCL tidak sebesar Samsung, Sharp, LG serta kompetitor lainnya tetapi karena kegigihannya serta inovasi yang dilakukan merk ini bisa memberikan persaingan yang ketat di pasar elektronik rumah tangga Indonesia.

Terutama untuk produk televisi yang telah lama digeluti oleh perusahaan ini serta sudah banyak mengeluarkan banyak tipe TV baik yang tipe tabung sampai LCD serta televisi LED dengan teknologi terbaru.

Saat membeli TV TCL baru pastinya kalian akan mendapatkan sebuah remot TV original dalam paket pembelian, karena fungsi remot yang sangat penting untuk mengontrol TV dari jarak jauh.

 BACA JUGA: Aplikasi launcher android terbaru + terbaik 2021

Kode Remot TV

Supaya remot TV universal dapat berfungsi dengan lancar seperti remot bawaan, kalian perlu melakukan setting remot dengan memasukkan kombinasi kode tertentu supaya remot tersrbut dapat mengenali merek serta tipe TV yang kalian pakai.

Kode remot umumnya terdiri dari 3 digit angka khusus yang berguna untuk sinkronisasi antara remot universal dengan pesawat TV kalian. Apabila remot serta TV kalian telah sinkron maka remot multi sudah dapat berfungsi seperti remot asli.

Untuk kalian para pengguna TV merk TCL, kalian dapat menggunakan beberapa kode remot TV seperti di bawah ini:

051, 053, 068, 071, 073, 082, 083, 084, 085, 110, 111, 144, 156, 199
209, 216, 243, 244, 245, 246, 247, 248, 249
313, 314, 315, 316, 317, 320, 343, 344, 349, 350, 382, 383, 384

Daftar kode remot TV di atas dapat kalian pakai pada TV TCL tipe tabung, ataupun yang versi LCD serta LED. Silahkan coba satu per satu kode di atas saat kalian melakukan proses setting, salah satu kode pasti akan cocok dengan tipe TV TCL kalian.

Cara Setting

Jika kalian sudah mengetahui kode remot TV yang kalian perlukan, kini saatnya kalian melakukan setting pada remot TV universal supaya bisa berfungsi dengan baik serta dapat menggantikan fungsi dari remot original TV TCL kalian yang sudah rusak atau hilang.

Sebenarnya untuk memasukkan kode remot TV ini sangatlah mudah dilakukan, asalkan kalian memperhatikan semua langkah yang telah disediakan dalam proses setting.

Sebelum kalian mulai melakukan proses setting, pastikan remot TV universal kalian telah terisi dengan baterai serta TV TCL kalian telah dihidupkan.

Berikut ini adalah cara setting yang benar supaya remot TV dapat berfungsi dengan baik.

  1. Silahkan kalian tekan tombol SET pada remot sampai lampu indikator hidup
  2. Saat lampu indikator pada remot TV sudah hidup, silahkan kalian lepaskan tombolnya
  3. Kalian lanjutkan dengan memasukkan kode remot dari daftar yang sudah saya tulis di atas
  4. Apabola kode yang kalian masukkan cocok, biasanya lampu indikator akan mati secara otomatis
  5. Remot TV universal sudah siap digunakan

Apabila dalam proses setting remot multi belum bisa berfungsi dengan benar, silahkan kalian ulangi proses setting dari awal hingga akhir seperti di atas dengan memasukkan kode remot yang lain sampai berhasil.

Apabila kode remot yang kalian masukkan tidak cocok dengan jenis TV, maka bsia dipastikan TV kalian tidak bisa merespon remot hingga kalian sukses memasukkan kode yang benar.