Cara Mengatasi KeyBCA Terblokir

Posted on

Cara Mengatasi KeyBCA Terblokir – Kini sudah banyak sekali kemudahan yang dapat dirasakan oleh banyak orang. Salah satunya adalah dengan adanya jaringan internet di berbagai kalangan, tak terkecuali di dunia perbankan.

keybca Terblokir

Hal itu jauh lebih memudahkan karena kalian hanya perlu memakai ponsel serta jaringan internet untuk bisa menggunakannya. Apabila keduanya sudah ada maka kalian bisa mulai mengakses semua kemudahan yang sudah di berikan oleh masing-masing banknya.

Untuk bisa melakukan transaksi menggunakan internet banking bisa diakses melalui ponsel dan ada juga yang menggunakan Token. Nah token pada bank BCA sendiri biasa disebut dengan KeyBCA, dengan menggunakan KeyBCA ini nantinya transaksi dana kalian akan menjadi lebih mudah.

Tapi apa jadinya apabila KeyBCA kalian terblokir? Pastinya kalian akan sangat kesal apa lagi ketika ingin melakukan transaksi. Jangan panik dan khawatir jika hal hal tersebut terjadi karena KeyBCA terblokir atau lock PIN sendiri bisa ditangani.

Akun KeyBCA terblokir atau lock tentu sangat menyebalkan. Kalian memang masih bisa melakukan login internet banking BCA memakai user ID serta PIN KlikBCA. Akan tetapi, hanya dapat melakukan cek saldo, mutasi rekening, serta transaksi nonfinansial lain. Untuk melakukan transfer, isi pulsa, serta pembayaran tidak bisa dilakukan karena transaksi-transakai finansial memerlukan KeyBCA.

Baca Juga: Mengurus Buku Tabungan BCA Yang Hilang

Apa Itu KeyBCA?

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang bagaimana cara mengatasi KeyBCA yang terblokir atau lock PIN. Alangkah baiknya kalian terlebih dulu mengetahui apa itu KeyBCA serta penyebab yang biasanya terjadi sehingga menyebabkan KeyBCA kalian menjadi terblokir serta lock PIN.

KeyBCA atau token ini adalah sebuah mesin kecil di mana bisa kalian gunakan untuk membantu kalian dalam melakukan transaksi finansial. Fungsi KeyBCA ini mirip seperti token yang dikeluarkan di bank-bank yang lain di Indonesia dimana untuk bisa melakukan transaksi finansial atau perbankan menggunakan jaringan internet banking yang bisa diakses melalui KlikBCA.

Penyebab KeyBCA Terblokir

Untuk penyebab mengapa KeyBCA bisa terblokir sendiri tidak terlalu banyak penyebabnya tapi terkadang masalah ini sering datang pada nasabah bank BCA yang memakai layanan KeyBCA ini. Masalah KeyBCA terblokir atau lock PIN pada nasabah BCA biasanya terjadi yaitu karena salah memasukkan PIN.

Apabila pengguna KeyBCA salah memasukkan PIN sebanuak tiga (3) kali secara berturut-turut itu akan membuat KeyBCA lock PIN. Hal tersebut ,mirip seperti penggunaan kartu ATM, Mobile Banking serta layanan lain dari bank dimana apabila salah memasukkan PIN sebanyak tiga (3) kali maka akan terblokir.

Selain itu salah ketika memasukkan angka pada token KeyBCA saat kalian ingin melakukan transaksi sebanyak tiga kali secara berturut-turut pun bisa menjadi penyebabnya. Jadi sebaiknya kalian selalu antisipasi atau lebih teliti lagi ketika akan memasukkan KeyBCA tersebut supaya kalian tetap aman serta selalu dapat digunakan.

Cara Mengatasi

Adanya masalah seperti token KeyBCA yang terblokir ini memang tidak bisa kalian benahi dengan beberapa langkah. Hanya ada satu langkah yang dapat dilakukan oleh kalian untuk bisa mengembalikan KeyBCA yang terblokir atau lock PIN.

Setelah KeyBCA terblokir baik karena dua penyebab di atas atau pun tidak sengaja terpencet. Solusinya adalahn dengan datang ke kantor cabang bank BCA terdekat, sama seperti jika kalian ingin mengurus kartu ATM yang hilang di mana kalian harus datang ke kantor cabang.

Langsung saja datangi kantor cabang bank BCA untuk mengurus masalah pada KeyBCA yang terblokir. Untuk bisa mengurus  masalah ini ada beberapa syarat yang perlu kalian lengkapi sebelum kalian datang ke bank BCA untuk menukar KeyBCA.

Persyaratannya adalah kartu identitas diri seperti ketika dahulu pembuatan rekening seperti KTP, buku tabungan, kartu ATM BCA serta token KeyBCA yang terblokir tersebut. Nantinya syarat itu diperlukan sebagai bukti jika kalain adalah benar pemilik rekening tersebut. Selanjutnya petugas CS akan mengurusnya dan kalian hanya tinggal menunggu sampai proses tersebut selesai.

Dalam pengantian KeyBCA yang terblokir atau lock PIN tersebut akan dikenai biaya. Sebenarnya pergantian sebenarnya gratis atau tanpa ada pungutan biaya sedikitpun, biaya tersebut mungkin diberikan karena kalian akan mendapatkan token yang baru.

Besaran penggantian KeyBCA sendiri hanya sekitar Rp 10.000 atau lebih untuk membeli token yang baru. Nantinya biaya tersebut bisa diminta secara langsung oleh CS atau bisa juga dengan memotong saldo yang ada di dalam tabungannya.

Cara Ganti PIN KeyBCA

Ketika customer service BCA memberikan token KeyBCA yang baru kepada kalian biasanya akan diberi PIN KeyBCA standar. Sehingga KeyBCA langsung bisa kalian aktivasi dengan internet banking KlikBCA kalian.

Sekarang kita bahas bagaimana caranya apabila kalian ingin mengubah PIN KeyBCA standar itu menjadi PIN yang sesuai dengan keinginan kalian. Caranya ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Hidupkan token KeyBCA dengan cara memencet tombol power berwarna merah serta besimbol segitiga.
  • Masukkan PIN KeyBCA standar yang sudah diberi oleh customer service BCA.
  • Ketika pada layar muncul tulisan APPLI_, tekan lalu tahan tombol segitiga sekali lagi hingga muncul tulisan NEW PIN.
  • Masukkan PIN baru kalian sebanyak enam digit.
  • Masukkan ulang PIN baru tersebut.
  • Apabila proses kalian lakukan dengan benar, maka layar pada token akan kembali bertuliskan APPLI_.
  • Tapi apabila salah, layar akan bertuliskan NEW PIN FAILED. Tekan tombol segitiga untuk mengulangi langkahnya dari awal.

Aktivasi KeyBCA dengan KlikBCA

Supaay token KeyBCA baru dapat kalian gunakan sebagai pengaman tambahan ketika melakukan transaksi finansial maka harus kalian aktivasi melalui KlikBCA. Caranya adalah seperti berikut:

  • Buka website resmi KlikBCA dengan alamat https://ibank.klikbca.com.
  • Login (individual) memakai user ID serta PIN KlikBCA kalian.
  • Pilih menu Administrasi.
  • Pilih submenu Aktivasi KeyBCA.
  • Isilah kolom-kolom sesuai dengan data yang diminta.
  • Kolom paling atas kalain isi dengan nomor kartu ATM kalian (16 digit).
  • Kolom tengah kalian isi dengan nomor seri KeyBCA (lihat pada bagian belakang token BCA).
  • Kolom terakhir kalian isi dengan respon KeyBCA APPLI 1 (caranya baca poin 9–12 berikut).
  • Ambil KeyBCA lalu nyalakan.
  • Masukkan PIN KeyBCA kalian dengan benar.
  • Ketika layar token sudah bertuliskan APPLI_, tekan tombol angka 1 pada KeyBCA.
  • Layar KeyBCA akan menampilkan kode respon APPLI 1.
  • Masukkan kode respon tersebut pada website KlikBCA (poin nomor 8 di atas).
  • Matikan token KeyBCA dengan cara menekan tombol merah sebanyak dua kali.
  • Kembali ke website KlikBCA. Jika semua kolom telah terisi, kemudian klik tombol Kirim/Send yang ada di bawahnya.
  • Layar akan menampilkan informasi jika aktivasi KeyBCa kalian sudah berhasil.