1 Liter Berapa cc?

Posted on

1 Liter Berapa cc? Dilengkapi dengan contoh soalnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1 liter berapa cc

Ada banyak jenis satuan volume antara lain liter, meter kubik, cubic feet, galon, barrel, dan masih banyak lagi. Satuan volume yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah liter dan meter kubik beserta turunannya.

Turunan dari satuan liter misalnya kiloliter, centiliter, milliliter, dan lain sebagainya. Turunan dari satuan meter kubik misalnya kilometer kubik, centimeter kubik, millimeter kubik, dan lain sebagainya.

Satuan liter dipakai secara luas sebagai satuan volume terutama untuk benda-benda cair dan gas. Namun satuan liter dipakai juga untuk ukuran volume benda-benda berukuran kecil seperti beras, kacang, pupuk, jagung, dan lain sebagainya. Barang-barang komoditas diukur volumenya dalam satuan liter memakai takaran liter.

Satuan cc biasanya dipakai untuk besaran benda cair. Kita biasa mendengar penggunaan satuan cc seperti volume obat, banyaknya larutan, kuantitas minyak dan lain sebagainya. Tetapi digunakan juga untuk besaran volume gas dan benda padat.

Kapasitas mesin kendaraan biasanya dinyatakan dalam cc. Kita juga mengetahui satuan berat jenis benda (padat, cair, gas) dalam satuan gram/cc. Seperti halnya satuan liter, satuan cc ini dikenal hampir di seluruh negara.

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang hubungan satuan liter dengan satuan cc. Padahal satuan cc sebenarnya adalah istilah lain dari satuan cm3. Berikut ini akan AFKGG jelaskan mengenai hubungan antara satuan liter dengan satuan cc. Untuk memudahkan kalian dalam memahami tentang konversi satuan liter ke cc, penjelasan disertai dengan contoh perhitungan konversi satuan.

Baca Juga:  Satuan Berat

Pengertian

Liter adalah unit pengukur volume. Liter ini sendiri bukan bagian dari unit standar internasional (SI), melainkan di masuk dalam daftar sebagai salah satu dari unit di luar standar internasional (SI) namun diterima penggunaan nya dengan SI. Unit SI untuk volume yaitu ialah meter kubik.

Sedangkan, cc adalah satuan internasional, kependekan dari cubik centimtre (cm3), atau dengan kata lain artinya adalah centimeter kubik, yang mana setiap ruang yang mempunyai ukuran 1cm3, maka ruang tersebut mempunyai volume 1cc (1 centimeter cubik).

Perlu diketahui, bahwa centimeter cubic (cm3) adalah satuan yang dipakai dalam menyatakan satuan isi dari suatu objek bangun ruang, begitu juga dengan liter yang merupakan satuan isi dari bangun ruang.

1 Liter berapa cc?

1 liter berapa cc atau cc berapa liter? Bagaimana mengkonversi atau mengubah satuan liter menjadi cc?. Di bawah ini merupakan penjelasan konversi liter ke cc memakai 1 liter berapa cc sebagai rumus dasarnya, sebagai berikut ;

1 liter = 1/ 0,001 centimeter cubic
1 liter = 1 dm³ = 10³ cm³ = 1000 cm³ = 1000 cc
Jadi, 1 liter = 1000 centimeter cubic

Dari 1 liter = 1000 centimeter cubic
maka akan didapatkan
a liter = 1000 x a centimeter cubic

1 cc berapa Liter?

Berikut ini merupakan penjelasan konversi cc ke liter memakai 1 cc berapa liter sebagai rumus dasarnya berikut ini:

Jadi apabila 1 cm3 = 1 cc
1 cc = 0,001 liter

Dari 1 centimeter cubic = 0,001 liter
maka bisa didapatkan
a cc = 0,001 x a liter

Contoh Soal

Soal 1

Ibu mendonorkan darahnya sebanyak 0,35 liter. Berapa cc banyaknya darah yang didonorkan Ibu?

Jawab:

0,35 liter = 0,35 x 1.000 cc = 350 cc

Jadi banyaknya darah yang didonorkan Ibu adalah 350 cc.

Soal 2

Seebuah teko listrik mempunyai kapasitas bisa memasak 1,80 liter air. Berapa cc banyak air yang bisa dimasak dengan teko listrik tersebut?

Jawab:

1,80 liter = 1,80 x 1.000 cc = 1.800 cc

Jadi banyaknya air yang bisa dimasak oleh teko listrik tersebut adalah 1.800 cc