Fluks Magnetik: Pengertian, Rumus dan Contoh Soal

Posted on

Pengertian fluks magnetik serta dilengkapi dengan rumus hingga contoh soal akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

fluks magnetik

Sebelum kalian memahami lebih jauh tentang rumus Fluks Maggnetik di dalam Ilmu Fisika, maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa itu fluks magnetik 

karena tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak pembaca dan pelajar yang belum mengerti dan mengetahui sehingga pada kesempatan kali ini saya akan mengulasnya secara lebih detail kepada kalian para pembaca.

Pengetian

Dalam medan listrik atau medan magnet kita sudah mengetahui yang dinamakan magnetik. Sekarang kita akan mulai belajar fluks magnetik. Secara sederhana fluks magnetik adalah perubahan medan magnet  di suatu posisi tertentu.

Fluks magnetik bisa didefinisikan sebagai ukuran total atau jumlah total medan magnet yang melewati  suatu penampang tertentu. Fluks magnnetik juga sering diartikan sebagai kerapatan medan magnet.

Fluks magnetik yang melewati suatu bidang tertentu nilainya berbanding lurus dengan nilai jumlah medan magnet yang melewati bidang tersebut dan jumlah tersebut sudah masuk pada pengurangan atas medan yang memiliki arah yang berlawanan. Fluks magnetik mempunyai satuan yang disebut weber (Wb) yaitu satuan turunan dari volt detik.

Contoh Alat

Generator Listrik

Generator listrik merupakan alat utuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Prinsip kerja dari generator ini mengaplikasikan konsep dari fluks ini.

Medan magnet yang ada pada generator dan kumparan jika digerakkan akan menghasilkan perubahan fluks magnetiik. Dengan adanya perubahan tersebut maka timbullah arus listrik yang dimana bisa kita gunakan untuk alat alat elektronik kita.

Motor Listrik

Motorlistrik itu kebalikan dari generator listrik. Motor listrik akan bekerja dan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia apabila terjadi perubahan fluks magnetik.

Motor listrik ini termasuk alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Energi gerak tersebut bisa terjadi karena energi listrik dari PLN akan diubah menjadi perubahan fluksmagnetik yang mana menggerakan turbin motor tersebut.

Rumus

Setelah kalian mempelajari lebih jauh tentang fluksmagnetik mari kita belajar pengaplikasian ilmu ini menjadi persamaan matematis yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari hari.

Rumus Fluks Magnetik

∅ = B A

∅ = B A cos α

Dimana:

  • ∅ =fluks magnetik (Wb)
  • B = medan magnet (T)
  • A = luas penampang (m)

Rumus GGL Induksi

Ei = -N ∆∅/∆t

Dimana:

  • Ei = GGL Induksi (volt)
  • N = jumlah lilitan
  • ∆∅ = perubahan fluks magnetik (Wb)
  • ∆t = perubahan waktu (s)

Contoh Soal

Setelah memahami beberapa persamaan atatu rumus, mari kita coba selesaikan soal dibawah untuk menguji pemahaman kita.

Perhatikan gambar di bawah ini!

fluks magnetik

Apabila medan magnet yang mengenai bidang ialah 50T dan jari jari silinder 1.4m maka berapa fluks magnetiik yang melalui bidang tersebut?

Jawab:

Diketahui:

B = 50T

R = 1.4m

Penyelesaian:

∅ = B A cos α

∅ = B pi rcos α

∅ = 50 22/7 1.42 cos 60

∅ = 154 Wb

Jadi besar fluks magnettik yang dialami bidang tersebut adalah 154 Wb