Volume Balok

Posted on

Volume Balok lengkap dengan pengertian, penjelasan, contoh soal balok serta gambar dan cara pengerjaan nya

Balok merupakan bangun ruang 3D yang tersusun oleh 3 pasang segi empat (persegi/persegi panjang) & paling sedikit mempunyai 1 pasangan sisi segi 4 yang memiliki bentuk yang berbeda.

Sebelum mempelajari rumus & luas permukaan balok, sebaiknya kita memahami sifat-sifat balok, bagian-bagian balok, & jaring-jaring balok.

Panjang, Lebar & Tinggi Sebuah balok
Sebuah balok memiliki 12 rusuk. Masing masing rusuk bisa dianggap sebagai rusuk panjang, rusuk lebar, & rusuk tinggi bergantung pada sudut pandang masing-masinhg. Ada 4 rusuk sama panjang yang bisa disebut rusuk panjang, ada 4 rusuk sama panjang yang bisa disebut rusuk lebar, & ada 4 rusuk sama panjang yang bisa disebut rusuk tinggi.

Bila semua 12 rusuk pada sebuah kotak memiliki panjang yang sama, maka kotak tersebut disebut sebagai kubus. Kubus merupakan kotak yang istimewa karena semua rusuknya sama panjang & semua bidangnya berbentuk bujursangkar.

Sifat-sifat umum balok

Volume Balok
  • Balok memiliki 3 pasang sisi yang sama (total 6 buah sisi).
  • Setiap sisi berbentuk segiempat yaitu persegi/persegi panjang.
  • Setidaknya harus memilikki 1 pasang sisi dengan bentuk yang berbeda.
  • Memiliki 12 rusuk.
  • Rusuk-rusuk yang sejajar memiliki ukuran yang sama.
  • Memiliki 4 diagonal bidang.
  • Diagonal bidang yang sejajar memiliki ukuran yang sama.
  • Memiliki 4 diagonal ruang & semuanya memiliki ukuran yang sama.
  • Setiap bidang diagonal berbentuk persegi panjang.

Rumus Menghitung Volume Sebuah Kotak
Untuk menghitung volume/isi sebuah kotak, maka harus diketahui dimensi panjang, lebar, &n tinggi kotak tersebut. Rumus untuk menghitung volume kotak yaitu sbb:

volume/isi = panjang x lebar x tinggi

Rumus ini seringkali ditulis menjadi lebih disingkat sebagai V = P x L x T. Harus perlu diperhatikan bahwa saat menghitung volume sebuah kotak menggunakan rumus di atas, dimensi panjang, lebar & tingginya harus dalam satuan yang sama. Satuan volume yaitu satuan panjang kubik contoh nya : millimeter kubik = (mm3), centimeter kubik = (cm3) , meter kubik = (m3), & seterusnya.

Baca juga : Proposal: Tujuan, Struktur & Kaidah Bahasa

Contoh Perhitungan

Volume Balok

Contoh Soal 1
Soal: Ada sebuah balok memiliki ukuran panjang, lebar, & tinggi masing-masing 9 cm, 8 cm, & 10 cm. Berapakah volume balok tersebut? (Rumus: volume/isi kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
volume/isi balok = 9 cm x 8 cm x 10 cm = 720 cm3.

Contoh Soal 2
Soal: Ada sebuah akuarium mempunyai ukuran bagian dalam sebagai berikut: panjang 50 cm, lebar 40 cm, & tinggi 40 cm. Akuarium itu diisi air mencapai ketinggian 30 cm. Berapakah volume air dalam akuarium itu? (rumus: volume/isi kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
volume/isi air = panjang x lebar x tinggi air = 50 cm x 40 cm x 30 cm = 60.000 cm3.

Contoh Soal 3
Soal: Ada sebuah balok es yang berbentuk kubus dengan ukuran rusuk 3 cm. Berapakah volume kubus es itu? (Rumus: volume/isi kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Kubus mempunyai ukuran panjang, lebar, & tinggi rusuk yang sama, dalam hal ini panjang kubus 3 cm, lebar kubus 3 cm & tinggi kubus 3 cm.
volume/isi kubus es = 3 cm x 3 cm x 3 cm = 27 cm3.

Contoh Soal 4
Soal: Ada selembar papan yang berukuran panjang 4 meter, lebar 30 cm, & tebal 2 cm. Berapakah volume papan itu? (Rumus: volume/isi kotak: panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Karena dimensi papan mempunyai satuan yang berbeda jadi satuannya harus disamakan dulu, dalam hal ini kita memakai satuan CM maka ukuran papan tersebut dalam CM yaitu panjang 400 cm, lebar 30 cm & tinggi 2 cm.
volume/isi papan = 400 cm x 30 cm x 2 cm = 24.000 cm3.

Contoh Soal 5
Soal: Ada sebuah pilar beton yang tinggi nya 3 meter mempunyai penampang berbentuk bujursangkar dengan panjang sisi 30 cm. Berapakah volume beton pada pilar itu? (Rumus: volume/isi kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Penampang pilar beton berbentuk bujursangkar ialah panjang & lebarnya sama yaitu 30 cm.
Tinggi pilar beton 4 meter = 400 cm.
volume/isi pilar beton = 30 cm x 30 cm x 400 cm = 360.000 cm3.