Pengertian Cermin, Jenis, Rumus dan Contoh Soal

Posted on

Cermin pengertian dan dilengkapi dengan jenis,  rumus, hingga contoh soal akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian cermin merupakan sebuah benda yang mempunyai permukaan datar dan dapat memantulkan bayangan dengan sempurna. Penggunaan cermin sangat banyak sekali dan dengan adanya cermin ini tentu sangat membantu aktifitas manusia.

cermin

Cermin bisa digunakan sebagai alat bantu dalam berdandan, digunakan sebagai alat bantu melihat persimpangan di suatu gang sempit, diguunakan sebagai alat bantu melihat keadaan belakang pada saat menggunakan kendaraan bermotor, dan masih banyak lainnya manfaat dari cermin.

Di dalam dunia optik fisis dikenal ada tiga jenis cermin. Pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya satu-persatu.

Cermin Datar

Cermin datar merupakan cermin yang bentuknya rata (tidak melengkung). Cermin datar biasa digunakan sebagai alat bantu pembiasan cahaya, periskop dan peralatan lainnya.

Cermin datar ini mempunyai sifat maya, tegak, sama besar. Sifat yang khusus dalam cermin datar ini adalah sama besar karena apabila dilihat dari pemantulannya tidak ada cahaya yang melengkung. Pada cermin datar ini ada bebeapa yang akan kita kaji yaitu jumlah bayangan yang dibentuk dan tinggi cermin datar.

Cermin Cembung

Cermin cemung meruakan cermin yang memiliki lengkungan kearah luar. Apaan tuh lengkungan ke luar? Jadi lengkungan ke luar itu bisa diibaratkan jika kalian yang memiliki peut yang buncit ya seperti itulah cermin cembung melengkung keluar.

Sifat yang dimiliki oleh cermin cembung ini adalah maya, tegak, diperkecil. Jenis cermin ini biasa digunakan sebagai kaca spion pada kendaraan.

Mengapa bukan cermin datar? Karena cermin cekung ini akan membuat bayangan diperkecil jadi apabila ada truk besar mendekati kita kita tidak kaget saat melihat truk tersebut karena ukurannya yang sangat besar. Selain itu cermin ini juga digunakan sebagai alat antu melihat di pertigaan jalan supaya tidak mengalami kecelakaan.

Cermin Cekung

Cermin cekung adalah cermin yang memiliki benuk melengkung ke dalam. Seperti apa melengkung ke dalam? Kalian pernah melihat bentuk mangkok? Ya cermin cekung itu seperti bentuk mangkok yang dilihat dari atas.

Sifat cermin cekung:

  • Jumlah ruang benda dan bayangan = 5.
  • Diperbesar jika ruang bayangan > ruang benda.
  • Diperkecil jika ruang bayangan < ruang benda.
  • Bersifat maya dan tegak jika bayangan berada di ruang 4.

Rumus

Setelah kita mengetahui pengertian, sifat, dan penggunaan dalam kehidupan sehari hari dari masing-masing jenis cermin, mari kita belajar menerapkan dalam persamaan dan rumus rumus matematika.

Pada masing-masing jenis lensa akan menghasilkan fenomena yang berbeda beda. Semua hal ini perlu kita selesaikan dengan beberapa persamaan matematis. Seperti ini peneyelesaian masalah cermin dalam kehidupan sehari hari.

1. Bayangan yang dibentuk dari 2 cermin datar

n = (3600 / A – m)

dimana:

  • n = jumlah bayangan yang terbentuk
  • A = Sudut antara dua cermin
  • m = genap atau ganjil

dengan ketentuan:

  • 360/A = genap > nilai m = 1
  • 360/A = ganjil > nilai m = 0

2. Tinggi cermin datar

TCD = ½ Tinggii Benda

3.Cermin cembung

-1/f = 1/s + 1/s’

Dimana:

  • f = fokus cermin cembung (cm)
  • s = posisi benda (cm)
  • s’ = posisi bayangan (cm)

4.Cermin cekung

1/f = 1/s + 1/s’

Dimana:

  • f = fokus cermin cekung (cm)
  • s = posisi benda (cm)
  • s’ = posisi bayangan (cm)

5.Perbesaran bayangan

M = s’/s = h’/h

Dimana:

  • s = posisi benda (cm)
  • s’ = posisi bayangan (cm)
  • h’ = tinggi bayangan (cm)
  • h = tinggi benda (cm)

Contoh Soal

Setelah kita mengetahui semua rumus mengenai berbagai jenis cermin, mari kita uji pemahaman kita denga cara mengerjakan soal dibawah ini.

Soal 1

Sebuah benda diletakkan 4 cm di depan cermin cembung yang berfokus 6 cm. Letak bayangan yang terbentuk yaitu…

Diketahui:

s= 4 cm
f= 6 cm

Penyelesaian:

1/f = 1/So + 1/S’

-1/6 =1/4+1/s’

-1/s’ = 1/6 + 1/4

-1/s’ =2/12 + 3/12

-1/s’= 5/12

s’ = 12/5 = -2,4 cm

Soal 2

Sebuah benda memiliki tinggi 2 cm berada d depan cermin cekung yang memiliki fokus 4 cm, jika leta benda 3 cm dari fokus, tentukan:

  1. jarak Bayangan
  2. perbesaran
  3. Tinggi Bayangan
  4. sifat bayangan

Diketahui:

h = 2 cm
f = 4 cm
s = 3 cm

Penyelesaian:

1/f = 1/s + 1/s’

¼ = 1/3 + 1/s’

1/s’ = (3-4)/12

1/s’ = -1/12

s’ = -12 cm

Jadi jarak bayangan pada soal diatas adalah 12 cm. Nilai negatif (-) pada hasil mencirikan bahwa sifat baangan adalah maya.

M = s’/s

M = 12/3

M = 4 kali

Jadi perbesaran diatas adalah 4 kali semula

M  = h’/h

4 = h’/2

h’ = 8 cm

Jadi tinggi bayangan pada soal diatas adalah 8cm.