Surat Lamaran Kerja

Posted on

Surat Lamaran Kerja – Setelah lulus sekolah atau kuliah, nantinya sebagian besar dari kalian pasti akan memutuskan untuk bekerja. Kalian akan melamar pekerjaan sesuai dengan keahlian kalian di  perusahaan yang kalian inginkan.

surat lamaran kerja

Nah, saat kalian akan melamar pekerjaan, tentu kalian memerlukan yang namanya Surat Lamaran Pekerjaan. Surat ini berisi permohonan untuk bekerja di sebuah perusahaan yang kalian tuju. Surat lamaran ini merupakan salah satu poin penting yang akan menentukan lolos tidaknya kalian ke tahap berikutnya. Oleh karena itu, membuat surat lamaran tidak boleh asal. Kalian perlu menulis surat lamaran pekerjaan dengan benar serta efektif agar peluang kalian diterima di perusahaan yang kalian inginkan itu besar.

Pengertian

Surat lamaran pekerjaan adalah sebuah surat yang berisi tentang permohonan untuk diteriman bekerja di sebuah lembaga, perusahaan, atau perseoran terbatas (PT) yang biasanya terdapat bagian-bagian yang berisi tentang identitas diri, bdiang pekerjaan yang bisa dilakukan, pendidikan, sampai keterangan keahlian, serta pengalaman. Bagian yang berisi tentang identitas diri, pendidikan, keahlian, serta pengalaman disebut juga sebagai kualifikasi pelamar.

Sama dengan uraian di atas, Triyatna (2014, hlm. 95) menyebutkan bahwa surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang dibuat oleh pencari atau pelamar kerja yang akan dikirimkan kepada perusahaan atau lembaga dengan harapan bisa mendapat jabatan atau pekerjaan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Membuat sebuah surat lamaran sangat bergantung pada jenis lowongan, lembaga, atau iklan dari lowongan pekerjaan itu sendiri. Walaupun begitu, pada dasarnya surat lamaran pekerjaan mempunyai bentuk dasar yang sama berdasarkan sistematika umum yang bisa dipakai untuk melamar pekerjaan apa saja.

Hanya isinya saja yang perlu disesuaikan dengan masing-masing lowongan pekerjaan yang ada. Sementara itu, bagian bagian surat lamaran pekerjaan atau struktur surat lamaran pekerjaan akan dijelaskan lebih lanjut melalui uraian di bawah ini.

Baca Juga: Kalimat Efektif

Fungsi

Di bawah ini merupakan beberapa fungsi dari surat lamaran pekerjaan, yaitu antara lain:

Bukti tertulis atas pengajuan permohonan pekerjaan

Melalui surat lamaran ini, pelamar akan menulis langsung identitasnya, serta lampiran yang berupa ijazah sebagai bukti sudah lulus sekolah, fotokopi KTP, foto, serta dafatr riwayat hidup. Selain itu, tanda tangan sebagai bentuk pertanggung jawaban penulis terhadap surat yang ditulisnya.

Sebagai alat komunikasi

Pada surat lamaran ada beberapa lampiran, seperti KTP, ijazah terakhir, pengalaman bekerja, dan sebagainya. Perusahaan penerima lamaran bisa dengan jelas mengetahui identitas si pelamar, pendidikan terakhir, dan juga pengalaman bekerja dari surat lamaran yang dikirim oleh pelamar kepada perusahaan melalui perwakilannya.

Untuk bahan pertimbangan penerimaan pekerja

Biasanya perusahaan yang memerlukan pegawai baru dengan jabatan yang cukup penting di sebuah istansi atau perusahaan tertentu memiliki banyak pertimbangan bahkan tes demi tes harus dilakukan secara ketat untuk mempekerjakan calon pegawai yang lebih berkualitas.

Cara Membuat

  • Pakai bahasa yang baik dan benar, gunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja ini termasuk ke dalam surat resmi, jangan gunakan bahasa yang tidak sopan ketika membuat surat resmi.
  • Tulislah kalimat yang singkat padat serta jelas, jangan bertele-tele dalam membuat suatu surat lamaran karena surat lamaran ini dapat menampilkan jati diri seseorang dan sebuah instansi atau perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.
  • Tulislah secara manual memakai tangan, penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disenangi oleh sebuah perusahaan karena melalui tulisan tangan dapat dinilai bagaimana pribadi seseorang.
  • Perhatikan kebersihan surat lamaran, jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran itu, apabila salah menulis lebih baik tulis ulang dengan kertas baru, jangan memakai stipo untuk menghapus.
  • Isi secara jelas data diri dan suatu yang informasi tentang diri kalian, dan tidak lupa lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri dan juga dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.
  • Apabila kalian memiliki sertifikat pendukung yang dapat menambah nilai plus untuk diri kalian jangan ragu untuk melampirkannya.

Unsur-unsur

Tempat dan tanggal pembuatan surat

Tempat serta tanggal surat lamaran dapat kalian tulis pada bagian pojok kanan atas.

Bandar Lampung, 30 Maret 2021

Perhatikan ya, nama tempat dan nama bulan selalu diawali dengan huruf besar. Penulisan antara tempat serta tanggal surat pun harus dipisahkan oleh tanda koma (,).

Alamat perusahaan yang dituju

Lalu, pada bagian bawah sebelah kirinya, kalian tulis nama penerima serta alamat lengkap perusahaan yang ingin kalian tuju. Nah, untuk nama penerima jika kalian tidak tahu nama HRD-nya, kalian dapat menulis dengan “Bapak/Ibu” saja. Contohnya begini,

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Makmur Selalu Indonesia

Jalan Raden  Intan No. 48, Bandar Lampung

Kalian perlu tahu, apabila surat ini ditujukan ke subjek tertentu, maka kalian dapat memakai “Yth.”. Namun, apabila ditujukan untuk perusahaan tanpa subjek tertentu, maka pakai “Kepada”. Jadi, jangan pakai kedua-duanya, ya. Selanjutnya, untuk “PT”, tidak perlu memakai tanda titik (.).

Salam dan pembukaan surat

Salam pembuka umumnya ditulis dengan kalimat, “Dengan hormat”. Sementara itu, pembuka surat dapat kalian isi dengan kata pengantar. biasanya, kalian bisa menjelaskan dari mana kalian mendapat informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut serta posisi mana yang kalian pilih. Contohnya,

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobseeker, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa menempati posisi Desainer Grafis.

Isi Surat

Lalu, pada bagian isi surat, kalian dapat mengisi dengan data diri. Tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor HP, e-mail, dan juga pendidikan terakhir. Pada bagian ini, kalian dapat menjelaskan juga kemampuan yang kalian miliki, baik itu softskill ataupun hardskill. Jika kalian mempunyai pengalaman magang, PKL, atau lainnya, dapat kalian tulis juga, ya. Namun, jika kalian belum punya pengalaman, kalian dapat menulis pengalaman organisasi yang pernah kalian ikuti di sekolah ataupun kuliah. Contohnya,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

nama                              : Chika Tamara

tempat dan tanggal lahir: Bandar Lampung, 15 September 1999

alamat                            : Jalan Jendral Sudirman No. 60, Bandar Lampung

e-mail                             : [email protected]

no. HP                            : 082187340908

Saya merupakan fresh graduate Sarjana Sosiologi Universitas Lampung. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Sosiologi dan menjabat sebagai ketua Divisi Media Komunikasi dan Informasi. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, serta bisa bekerja sama dalam tim.

Pada bagian lampiran atau syarat lamaran, kalian dapat tulis dokumen-dokumen apa saja yang kalian lampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar. Biasanya, dokumen-dokumen ini berupa daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah terakhir, pas foto, serta portofolio. Bahkan, jika kalian pernah mengikuti lomba, seminar, atau pelatihan dan memiliki sertifikat, kalia dapat melampirkan fotocopy sertifikatnya juga. Itu bisa menjadi nilai plus untuk kalian. Contoh penulisannya umumnya seperti ini.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan

1. pas foto,

2. fotocopy KTP,

3. daftar riwayat hidup,

4. fotocopy ijazah terakhir,

5. fotocopy transkrip nilai,

6. sertifikat keikutsertaan organisasi.

Penutup Surat

Pada bagian penutup surat, kalian dapat menjelaskan bahwa kalian punya harapan yang besar supaya diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih. Contohnya,

Demikian surat lamaran ini saya buat. Saya harap, Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan surat ini serta memberi kesempatan kepada saya supaya saya bisa menunjukkan potensi saya lebih rinci di tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Tanda tangan

Terakhir, untuk tanda tangan serta nama pelamar dapat kalian tulis pada bagian pojok kanan bawah surat. Contohnya,

Hormat saya,

(tanda tangan)

Chika Tamara