Rumus Diagonal Kubus

Posted on

Rumus Diagonal Kubus Dilengkapi dengan contoh soalnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

diagonal kubus

Kubus sendiri adalah bangun ruang yang memiliki bentuk tiga dimensi yang telah dibatasi oleh enam bidang sisi sisinya dan sisi tersebut mempunyai bentuk kongruen atau mempunyai bentuk bujur sangkar.

Lalu bangun ruang kubus ini sendiri pun biasa disebut dengan bidang enam beraturan yang mempunyai bentuk mirip dengan prisma segi empat. Sementara itu untuk diagonal sisi sisi kubus ini biasanya digunakan untuk menghitung jumlah sisi yang ada.

Di dalam soal matematika, kubus dijelaskan apabila untuk bisa mencari serta menghitung diagonal sisi dan ruang kubus sendiri dibutuhkan suatu data atau jumlah nilai yang falid dikarenakan kebanyakan jumlah nilainya hampir sama.

Pengertian

Kubus adalah ruang dengan tiga dimensi dengan enam bidang sisinya yang ukurannya sama besar dan saling kongruen. Bentuk pada sisi sisi yang ada di kubus ini sendiri adalah bujur sangkar.

Selain itu kubus juga mempunyai diagonal sisi, kubus juga mempunyai diagonal ruang dan cara menghitung diagonal sisi kubus dan diagonal sisi ruang bisa menggunakan rumus.

Sedangkan Definisi diagonal bidang kubus merupakan garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berseberangan pada satu bidang permukaan kubus. Definisi diagonal bidang kubus merupakan garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berseberangan di dalam ruang kubus.

Harus diingat bahwa Rumus Kubus itu terbagi dari 4 jumlah turunan yg telah paten, ke empat Rumus Matematika Kubus tersebut yaitu Rumus Luas Permukaan Kubus, Rumus Volume Kubus, Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus.

Baca Juga:  Posisi Pemain Bola Voli

Rumus

diagonal kubus

Gambar di atas adalah salah satu gambar yg mengekpose dimana letak diagonal sisi dan ruang kubus tersebut berada alasannya yaitu apabila kalian lihat garis berwarna merah pada gambar diatas tersebut adalah Diagonal Sisi kubus dan untuk garis berwarna hijau adalah diagonal ruang kubus dan untuk Rumus Diagonal Menghitung Sisi dan Ruang Kubus bisa kalian lihat penjelasanya di bawah ini.

Rumus Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Diagonal Sisi Kubus adalah ruas garis yg saling menghubung dua titik dari sudut yg berhadapan pada setiap bidang atau sisi kubus dan kalian harus selalu ingat jika bangun kubus memiliki 6 bidang sisi dan 12 adalah diagonal sisinya.

Rumus Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Sedangkan untuk Diagonal Ruang Kubus adalah salah satu ruas garis yg menghubungkan dua titik sudut yg saling berhadapan dalam suatu ruang di dalam kubusnya.

Penjelasan:

S = Panjang Sisi Kubus

Nah, itulah penjelasan mengenai rumus diaagonal sisi kubus dan rumus diiagonal ruang kubus. Apabila kalian sudah mengetahui penjelasan dan rumusnya rasanya tak akan lengkap apabila tak mengetahui cara menghitungnya.

Untuk itu kami telah menyediakan contoh soal yang dilengkapi dengan jawabannya yang bisa kalia gunakan sebagai bahan latihan untuk menyelesaikan soal matematika bangun ruang kubus.

Contoh Soal

Di bawah ini kami telah memberikan contoh soal beserta dengan cara mengerjakannya.

Soal 1

Diketahui Bangun Ruang Kubus memiliki panjang rusuk 10 cm, hitunglah Diagonal Sisi Kubusnya.

Jawab:

Rumus Menghitung Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Ds = 10√2

Jadi, diagonal sisi kubus tersebut adalah 10√2

Soal 2

Hitunglah berapa diagonal ruang kubus apabila mempunyai panjang rusuk sebesar 5 cm!

Jawab:

Rumus Menghitung Diagonal Ruang Kubus

Ds = s√3

Ds = 5√3

Jadi, diagonal ruang kubus tersebut adalah 5√3