Posisi Pemain Bola Voli

Posted on

Posisi Pemain Bola Voli Pecahan Dilengkapi dengan tugasnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

posisi bola voli

Permainan bola voli adalah jenis permainan bola besar, untuk bisa menjadi pemain bola Voli yang profesional diperlukan latihan yang konsisten dan juga pengetahuan yang luas mengenai teknik dasarnya. Karena apabila kita mengetahui ilmunya hanya setengah maka kita akan sulit untuk menjadi pemain bola voli profesional.

Olahraga ini memang terlihat sangat mudah untuk dilakukan, tapi apabila kita langsung memainkannya maka kita akan merasa kesulitan untuk melakukan gerakan seperti servis, smash, blocking ataupun memberikan umpan. Oleh karena itu diperulkan sebuah teknik yang benar supaya kita juga bisa melakukannya dengan baik juga saat berada di lapangan.

Selain itu, pengetahuan tentang peraturan olahraga ini, jumlah pemain bola voli yang berada di lapangan dan pemain yang menjadi cadangan juga wajib kita ketahui apabila mau menjadi pemain yang profesional.

Untuk semua pengetahuan ini bisa kalian miliki saat kalian bergabung dengan sebuah klub atau sekolah untuk pembinaan tim bola voli. Tapi selain itu juga ada banyak informasi yang bisa kalian dapat melalui internet, pada kesempatan ini AFKGG akan berbagi dengan kalian mengenai Posisi Pemain bola voli setiap regu, berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga: Mengubah Permil Menjadi Pecahan dan Sebaliknya

Jumlah Pemain

Di dalam setiap regu ada 6 pemain bola voli yang berada di dalam lapangan, sedangkan jumlah pemain yang ada di bangku cadangan adalah 4 orang. Jadi total maksimal jumlah pemain bola voli setiap satu regu dalam sebuah kompetisi adalah 10 orang.

posisi pemain voli

Untuk pemain yang berada di dalam lapangan maksimal 6 pemain sedangkan minimal 4 pemain, jadi apabila pemain kurang dari 4 orang maka tim tersebut akan dianggap kalah oleh wasit.

Dalam permainan di lapangan, 6 orang tersebut memiliki tugas masing-masing. 1 pemain menjadi Tosser, 2-3 Pemain menjadi Spiker, 1 Pemain menjadi Libero saat posisi bertahan dan 1 orang menjadi server.

Tugas Pemain

Nah yang akan dibahas selanjutnya adalah penjelasan lengkap mengenai nama-nama posisi pemain bola voli beserta tugasnya dalam permainan.

Server

Server merupakan posisi pemain yang bertugas melakukan servis dalam lapangan. Servis adalah penyajian bola pertama ketika permainan baru dimulai. Setelah melakukan servis, secara otomatis server akan merangkap menjadi pemain belakang atau defender untuk membantu pertahanan.

Server dituntut untuk menguasai teknik servis, minimal servis atas dan servis bawah.

  • Servis atas merupakan teknik memukul bola dengan cara jari-jari tangan yang terbuka dan rapat, bola dipukul dengan telapak tangan. Bola yang dipukul harus dilambungkan di atas kepala lalu dipukul sebelum melewati kepala.
  • Sedangkan servis bawah merupakan teknik memukul bola dengan jari-jari tangan yang menggenggam. Bola dilambungkan lalu dipukul di bagian bawah pusar perut. Selain dua teknik servis tersebut, masih ada teknik servis lainya.

Spiker (Penyerang)

Spiker atau penyerang merupakan posisi pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan atau spike bola ke arah lawan, tujuannya adalah mendapatkan poin atau nilai untuk tim. Spike merupakan pukulan yang dilakukan dengan sekeras-kerasnya kearah bawah daerah lawan.

Spiker berada di posisi paling depan, tepatnya di depan net atau di samping tosser. Pemain yang berada pada posisi ini diharuskan mempunyai kemampuan yang dapat melakukan serangan dan pukulan yang bagus. Smasher juga menjadi pemain yang lihai menjaga pertahanan bagian depan dengan cara melakukan blocking.

Pemain yang berada di posisi Spiker dituntut menguasai jenis-jenis Spike berikut ini:

  • Open Spike merupakan gerak awal yang dilakukan ketika bola lepas dari tangan pengoper. Pukulan dilakukan ketika spiker mencapai puncak maksimal lompatan dan saat bola berada pada jangkauan lengan spiker yang tertinggi.
  • Spike Semi merupakan teknik memukul bola dengan ketinggian umpan sekitar 50 sentimeter di atas net.
  • Quick spike merupakan teknik memukul dengan bola umpan sekitar 30 sentimeter di atas net.
  • Straigh spike merupakan teknik pukulan yang dilakukan ketika bola berada di tepi jaring.
  • Drive spike merupakan teknik pukulan yang mengarahkan bola keluar net dengan jarak yang panjang.
  • Dummy spike adalah gerakan yang hampir sama dengan smash normal. Namun, bola tidak dipukul melainkan di sentuh saja dengan jari tangan.
  • Spike Bola 3 Meter merupakan teknik pukulan serangan yang dilakukan dari belakang garis serang.
  • Spike Kijang atau umpan bola back merupakan teknik pemukul yang melakukan langkah panjang dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan kaki kiri.
  • Spike Double Step merupakan teknik spike dengan memakai gerak tipu. Pemukul melakukan dua kali gerak untuk melakukan tolakan meloncat. Gerakan pertama untuk mengecoh block, gerakan kedua pemukul meloncat dan melakukan serangan.
  • Spike Step L merupakan gerakan yang dilakukan dengan 3 langkah, pertama melangkah kedepan, kedua langkah kesamping sebelum tolakan, ketiga melompat naik untuk melakukan serangan.

Tosser (Pengumpan)

Tosser merupakan posisi pemain yang bertugas mengatur serangan dari tim. Saat tim melakukan serangan yang berhak menentukan komando adalah tosser.

Pemain yang berada pada posisi tosser diharuskan memilikikualitas umpan dan kecerdasan dalam memberikan berbagai variasi umpan. Dengan kata lain tosser adalah penentu dan pengatur serangan dalam permainan voli.

Tosser dituntut menguasai teknik spike dan blocking yang baik. Blocking adalah gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk menghalau serangan atau smash dari tim lawan.

Defender atau Liberro

Liberro merupakan posisi pemain yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain lawan dengan melakukan passing. Pemain yang berada pada posisi ini dituntut untuk menguasai teknik passing dengan baik.