Kecepatan Rata-Rata

Kecepatan rata-rata lengkap dengan pengertian, penjelasan, rumus, dan cara menghitung kecepatan rata-rata, dan gambar

Kecepatan rata-rata yaitu jarak perjalanan rata-rata yang ditempuh setiap satuan waktu. Sebuah mobil yang menempuh jarak misalnya 100 kilometer pasti pernah berjalan pelan misalnya saat melewati jalan rusak,atau tikungan, jalan sempit, & lain lain.

Mobil itu juga mungkin sempat berhenti beberapa kali karena menemui lampu merah menyala di perempatan jalan, mengisi bahan bakar, macet, & lain sebagainya. Kecepatan mobil itu pada waktu tertentu disebut juga kecepatan sesaat yang ditunjukkan oleh panel speedometer di dashboard mobil.

Satuan Kecepatan dalam Sistem Metrik
Satuan kecepatan dalam sistem metrik (sistem internasional, SI) yang paling umum yaitu meter/detik (m/detik) & kilometer/jam (km/jam).

Pengertian Kecepatan Rata-Rata

Kecepatan rata-rata

Kecepatan rata-rata itu berbeda dengan kelajuan rata-rata. Kelajuan adalah jarak tempuh suatu benda dalam selang waktu tertentu. Kalau kecepatan adalah perpindahan total suatu benda dalam selang waktu tertentu.

Maka agar kamu tidak keliru dengan kelajuan rata-rata & konsep kecepatan , Kamu harus tahu dengan konsep jarak & perpindahan. Kedua konsep tersebut dalam ilmu fisika sangat berbeda. Silahkan baca perbedaan jarak & perpindahan.

Persamaan cara menghitung kecepatan suatu benda adalah perpindahan total yang ditempuh oleh benda dibagi dengan waktu tempuhnya, jika ditulis secara matematis:

Kecepatan rata-rata = perpindahan/waktu
atau

Kecepatan rata-rata

Harus kita ketahui bahwa perpindahan itu adalah besaran vektor, jadi kecepatan juga merupakan besaran vektor. Sebab besaran vektor jadi kecepatan bisa bernilai positif & negatif. Nah untuk memantapkan pengetahuan kamu tentang kecepatan rata-rata suatu benda

Menghitung Kecepatan Rata-Rata

Kecepatan Rata-Rata

Cara untuk menghitung kecepatan perjalanan/pergerakan suatu benda, Jadi harus diketahui jarak tempuh & waktu tempuh. Kecepatan pergerakan sebuah benda adalah hasil pembagian besaran jarak dengan besaran waktu tempuh. Rumus menghitung jarak rata-rata berdasarkan jarak tempuh & waktu tempuh yaitu sebagai berikut.

Baca juga : Proposal: Tujuan, Struktur & Kaidah Bahasa

Contoh soal

Contoh Soal 1
Ada suatu benda bergerak lurus ke arah timur sejauh 100 m dalam waktu 2 menit, lalu berbalik arah ke barat sejauh 400 m dalam waktu 3 menit. Hitunglah kecepatan benda tersebut!.

Penyelesaian:
Misalnya benda tersebut bergerak ke timur kita beri tanda positif & benda yang bergerak ke barat kita beri tanda negatif, jadi:
x1 = 100 m
t1 = 2 menit = 120 s
x2 = – 400 m
t2 = 3 menit = 180 s

Δx = x1 + x2
Δx = 100 m – 400 m
Δx = – 300 m

Δt = t1 + t2
Δt = 120 s + 180 s
Δt = 300 s
v = Δx/Δt
v = – 400 m/300 s
v = – 1 m/s
Maka kecepatan benda tersebut 1 m/s & tanda negatif artinya kecepatan benda arahnya ke barat/dapat ditulis kecepatan benda 1 m/s ke barat.

Contoh Soal 2
Andi akan melakukan pemanasan dengan cara berlari sebelum mengikuti lomba. Lintasan yang digunakan Andi untuk pemanasan berbentuk lingkaran dengan jari-jari lingkaran 20 m. Untuk sampai seperempat lingkaran pertama, Andi memerlukan waktu 100 detik. Untuk sampai seperempat lingkaran kedua, Andi memerlukan waktu 150 detik. Hitunglah kecepatan rata-rata Andi untuk menempuh seperempat lingkaran pertama & hitunglah kecepatan Andi untuk sampai setengah lingkaran.

Penyelesaian:
Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara menghitung kecepatan Andi untuk menempuh seperempat lingkaran pertama, harus dicari perpindahan Andi yaitu dari titik A ke titik B. Dengan menggunakan teorema Phytagoras jadi perpindahan dari A ke B yaitu:
AB = √(AO2 + BO2)
AB = √(202 + 202)
AB = 20√2 m

v = AB/t
v = 20√2 m/100 s
v = 0,2√2 m/s
v = 0,3 m/s

Untuk menghitung kecepatan Andi untuk menempuh setengah lingkaran, harus dicari perpindahan Andi yaitu dari titik A ke titik C (diameter lingkaran).
Δx = AO + CO
Δx = 20 m + 20 m
Δx = 40 m

Δt = t1 + t2
Δt = 100 s + 150 s
Δt = 250 s

v = Δx/Δt
v = 40 m/250 s
v = 0,16 m/s

Maka, kecepatan Andi untuk menempuh seperempat lingkaran pertama yaitu 0,3 m/s dan kecepatan rata-rata Andi untuk menempuh setengah lingkaran adalah 0,16 m/s.


Contoh 1
Soal: Ada seorang pelari atletik bisa menempuh jarak 200 meter dalam waktu 25 detik. Berapakah kecepatan rata-rata pelari atletik itu? (Rumus: kecepatan = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 200 m
Waktu tempuh =25 detik
Kecepatan = 200/25 = 8 m/detik.

Contoh 2
Soal: Ada sebuah mobil bisa menempuh jarak 110 kilometer dalam waktu 2 jam. Hitunglah kecepatan rata-rata mobil itu. (Rumus: kecepatan = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 110 km
Waktu tempuh =2 jam
Kecepatan = 110/2 = 55 km/jam.

Contoh 3
Soal: Ada sebuah mobil menempuh perjalanan dari kota A ke kota B yang jaraknya 50 km dalam waktu 1 jam. Lalu mobil tersebut melanjutkan perjalanan ke kota C yang berjarak 90 km dari kota B dalam waktu 2 jam. Dan dari kota C mobil itu melanjutkan perjalanan ke kota D yang jaraknya 40 km dalam waktu 1 jam.Hitunglah kecepatan rata-rata mobil tersebut dari kota A ke kota D. (Rumus: kecepatan = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak yang di tempuh adalah = 50 + 90 + 40 = 180 km
Waktu yang di tempuh adalah = 1 + 2 + 1 = 4 jam
Kecepatan = 180/4 = 45 km/jam.

Rate this post