Kode Remot TV Polytron

Posted on

Kode Remot TV Polytron – Kode remot biasanya di masing-masing merk TV mempunyai perbedaan. Tidak hanya pada setiap merk saja, di masing-masing jenis TV meskipun masih satu merk yang sama ternyata bisa aja mempunyai kode yang berbeda.

kode remot tv polytron

Salah satunya yakni pada merk TV Polytron, antara kedua jenis TV yang tabung serta LED/LCD sendiri mempunyai kode berbeda meskipun mempunyai 3 digit kode sama. Sehingga sebelum kalian memasukkan kode alangkah baiknya jika kalian mengetahui secara benar dahulu berapa kodenya.

Kode remot TV sendiri biasanya dipakai ketika kalian mengganti remot TV asli yang sudah rusak, jika biasanya remot TV baru tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik. Nah dengan menggunakan kode remot TV inilagh nantinya remot TV yang baru dapat digunakan dengan baik.

Biasanya remot pengganti ini sendiri banyak disebut dengan remot universal atau multifungsi. Untuk bisa mendapatkannya remot TV Polytron itu sendiri sangatlah mudah, karena saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko elektronik terdekat dengan berbagai merk terkenal seperti joker dan sebagainya.

Kode Remot & Cara Setting

Dibawah ini merupakan kumpulan beberapa kode TV Polytron tabung serta LED terlengkap yang dapat kalian coba untuk remote bisa menggunakan universal:

TV LED

Khusus untuk TV Polytron jenis LED serta LCD, kalian dapat langsung mencoba kode berikut ini: 024, 151, 017, 253, 043, 120 150, 053 152, 253, 147.

Beberapa kode remote TV di atas dapat kalian coba untuk semua ukuran TV LED Polytron, baik itu 19 inch, 22 inch maupun 32 inch. Kalian dapat mencoba salah satu dari banyak kode di atas hingga menemukan yang benar-benar cocok dengan TV kalian.

TV Tabung

Ada banyak pilihan kode untuk TV Polytron yang berjenis tabung, diantaranya adalah sebagai berikut: 147, 151, 017, 253, 043, 120 150, 053 152, 253, 024.

Tidak semua kode di atas bisa cocok dengan TV Polytron tabung, oleh karena itu kalian harus mencoba satu persatu hingga kalian benar-benar menemukan kode yang sesuai dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

BACA JUGA:  Cara Download Video Facebook

Cara Memasukkan Kode Remot

Setting Manual

Jika kalian sudah mencatat kode untuk jenis TV Polytron kalian, sekarang saatnya kalian untuk memasukan kode tersebut ke remote universal. Silakan kalian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk bisa mengaturnya secara manual:

  1. Tekan lalu tahan tombol [SET] pada remote TV hingga lampu indikator merah menyala.
  2. Ketika lampu indikator sudah menyala, masukan 3 digit kode yang telah kalian catat sebelumnya.
  3. Kemudian, arahkan remote tersebut ke televisi, lalu coba kalian tekan salah satu tombol yang ada pada remote.
  4. Apabila merespon, berarti kode yang kalian masukan sudah cocok.
  5. Sebaliknya, apabila tidak ada respon, kalian perlu mencoba kode yang lainnya.

Catatan: apabila lampu indikator tidak menyala setelah tombol SET kalian tekan, cobalah untuk menahan tombol SET kemudian tekan tombol Power hingga lampu indikator warna merahnya menyala. Lalu masukan kode remote yang sebelumnya telah kalian catat.

Setting Otomatis

Cara ini dapat dicoba apabila tidak ada satupun kode remot yang berfungsi untuk TV Polytron milik kalian. Ini adalah cara yang memungkinkan remote bisa terhubung ke TV secara otomatis.

  1. Tekan lalu tahan tombol [SET] pada remote TV hingga lampu indikator merah menyala.
  2. Ketika lampu indikator sudah menyala, arahkan remote ke TV, kemudian tekan tombol Vol + atau Vol – pada remote TV.
  3. Apabila berhasil, TV akan merespon serta volume akan bertambah atau berkurang sendiri.
  4. Jika sudah, tekan tombol Power untuk mematikan lampu indikator.

Penyebab Remot Tidak Berfungsi

Biasanya ada 3 penyebab utama yang membuat remot TV Polytron kalian menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baterai Hampir Habis

Pertama, pastikan jika baterai yang dipakai pada remot tv kalian masih dalam kondisi baik atau tidak lemah. Karena keberadaan baterai akan sangat berpengaruh kepada respon remote ke TV, apabila baterai sudah lemah biasanya ditandai dengan remot yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

Cobalah untuk melepas baterai lama lalu menggantinya dengan yang baru. Ini adalah langkah awal yang harus kalian lakukan  sebelum memvonis kerusakan yang lebih berat.

Kaleng Penghubung Berkarat

Selain kondisi baterai, kalian juga harus memastikan bahwa tidak ada karat maupun kotoran yang terdapat pada kaleng di dalam kotak baterai yang dapat menyebabkan remot menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik. Bersihkan karat atau korosi yang menempel dengan cairan tiner.

Kerusakan Pada Remot TV

Kerusakan pada remote TV memang sangat sulit diperbaiki. Apabiola remote TV kalian rusak dan sudah tidak bisa berfungsi sama sekali, disarankan untuk tidak memperbaikinya, lebih baik membeli remote yang baru. Baik itu remote TV Polytron original ataupun yang universal.

Untuk bisa mengetahui apakah remote masih berfungsi atau tidak, kalian dapat menggunakan kamera ponsel untuk melihat cahaya yang keluar dari sensor saat salah satu tombol remote ditekan. 

Namun apabila tidak ada cahaya yang tertangkap kamera saat salah satu tombol remot ditekan, kemungkinan besar remot tersebut sudah rusak.