Hewan Omnivora: Ciri-ciri, Kelebihan & Contoh

Posted on

Pengertian Hewan Omnivora dilengkapi ciri-ciri dan contohnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

hewan omnivora

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang digolongkan berdasarkan jenis dan makanannya. Dalam golongan hewan yang berdasarkan pada jenis makanannya, hewan terbagi menjadi 4 golongan, yaitu herbivora, harnivora, omnivora dan insektivora.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahasa mengenai hewan golongan omnivora atau pemakan segala. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Pengertia hewan omnivora kita mulai dari segi bahasanya. Kata omnivora itu berasa dari bahasa latin yaitu dari kata Omne dan Vorera yang memiliki arti memakan segalanya. Sehingga, hal tersebut dapat diartikan bahwa Omnivora adalah spesies binatang yang mempunyai pola makan yang terdiri dari tanaman dan hewani.

Apabila kita melihat pola makan hewan karnivora dengan herbivora, maka omnivora ini adalah gabungan dari keduanya. Dengan begitu, Hewan jenis ini merupakan hewan pemakan daging dan juga tumbuh tumbuhan.

Tidak seperti hewan herbivora yang memiliki gigi khusus untuk makan tumbuhan dan karnivora yang mempunyai gigi yang dirancang khusus untuk makan daging, jenis hewan ini mempunyai gigi yang sesuai dengan konsumsi kedua tumbuhan dan hewan/daging.

Gigi hewan jenis ini tajam pada bagian depan, berguna untuk merobek atau memotong makanan seperti daging dan gigi datar pada bagian belakang yang berguna untuk menghaluskan makanan baik tumbuhan atau daging.

Ciri-ciri

Setiap jenis hewan berdasarkan penggolongan makanannya, mempuyai ciri-ciri yang sebagian besar berbeda dan sebagian lainnya sama. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri hewan omnivora yang dapat kalian ketahui.

  • Memakan tumbuh tumbuhan dan daging.
  • Memiliki pencernaan yang kompleks
  • Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan nya
  • Memiliki gigi datar pada bagian belakang
  • Mayoritas bukan merupakan hewan mamalia dan sebagian yang lain adalah mamalia
  • Sebagian besar berkembang biak secara bertelur dan sebagiannya beranak.

Keuntungan

Hewan jenis Omnivora mempunyai beberapa keuntungan dalam kehidupannya, yaitu seperti mampu untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan dan mempunyai pola makan yang fleksibel.

Hewan ini bisa memilih komponen makanan, yaitu mengkonsumsi tumbuhan dan hewan yang berada disekitar lingkungan, oleh karena itu omnivora mempunyai lebih banyak pilihan jenis makanannya, daripada hewan golongan lain.

Hal tersebut sangat membantu bagi keberlangsungan hidup mereka, karena jika hanya dapat mengkonsumsi satu jenis makanan saja, bisa menyebabkan kepunahan bagi Hewan Herbivora dan Karnivora.

Sistem pencernaan yang dimiliki oleh hewan jenis ini sudah dirancang dengan khusus, yaitu pada sistem pencernaan omnivora mampu mengkonsumsi segala jenis makanan, sehingga hewan ini mampu bertahan hidup meskipun dalam kondisi yang sangat buruk.

Contoh

Berikut ini adalah beberapa contoh hewan berjenis omnivora

Ayam

Ayam merupakan hewan omnivora yang termasuk kedalam jenis unggas. Ayam pasti sering kalian jumpai di sekitar lingkungan karena memang ayam banyak di pelihara oleh warga masyarakat. Apalagi di daerah perkampungan pasti akan ada banyak ayam yang berkeliaran.

Bebek

Tidak jauh beda dengan ayam, bebek juga merupakan hewan jenis omnivora yang masuk kedalam jenis unggas. Hewan bebek biasanya bisa kalian jumpai di area yang becek atau berair seperti di sungai sungai kecil bahkan ada juga yang sering berkeliaran di rawa rawa untuk mencari makan.

Gorila

Hewan yang satu ini merupakan hewan buas yang mempunyai bentuk tubuh besar, gigi yang tajam serta kekuatan oto tangan yang sangat kuat. Ototnya yang kuat membuat Ia mudah dalam melompat atau memanjat pohon.

Tikus

Siapa yang tidak tahu tikus? Ya, hewan yang satu ini merupakan hewan berjenis omnivora paling dibenci karena Ia memakan apapun. Mulai dari tumbuhan seperti padi dan kelapan. Selain itu, tikus juga suka memakan serangga dan ikan asin serta daging hewan lainnya.

Beruang

Beruang merupakan Hewan jenis Omnivora yang mempunyai indra Penciuman dan Pendengaran sangat baik, mempunyai bentuk telinga yang bundar, berekor kecil serta pendek, berbulu panjang, lebat dan kasar, memiliki cakar yang lebar, tebal dan tajam pada telapak tangan serta tidak bisa ditarik masuk kembali.

Flamingo

Burung Flamingo merupakan Hewan jenis Omnivora yang makanan utama sumber Beta Karoten, yaitu Udang dan Alga Biru atau Hijau. Dalam memburu mangsanya, hewan ini menyaring air untuk mendapatkan udang, dengan menggunakan Struktur Lemellae yang terdapat di dalam paruhnya.

Ikan lele

atau Ikan Keli merupakan Jenis ikan yang hidup pada air tawar. Lele ini sangat mudah dikenali, karena mempunyai bentuk tubuh yang agak pipih memanjang, licin, dan memiliki kumis panjang yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.