1 Kubik Berapa Ton

Posted on

1 Kubik Berapa Ton lengkap dengan pengertian, penjelasan, rumus, contoh soal dan cara mengerjakan nya + gambar

Banyaknya barang/benda bisa dinyatakan dalam besaran berat/besaran volume. Sebagian barang/benda umumnya dinyatakan dalam satuan volume seperti meter kubik, liter, cc, & lain sebagainya.

Sebagian barang/benda lainnya lebih sering dinyatakan dalam satuan berat seperti ton, kilogram, gram, dan lain sebagainya.

Massa & volume merupakan 2 besaran yang berbeda. Tapi, kedua besaran itu bisa dikonversikan 1 sama lain.

1 Kubik Berapa Ton Untuk mengkonversi besaran volume ke besaran berat bisa dilakukan bila diketahui massa jenis barang/benda tersebut. Berikut ini akan dibahas bagaimana caranya mengubah satuan volume “meter kubik” ke satuan berat “ton”.

Pengertian Kubik

1 Kubik Berapa Ton

Satu meter kubik merupakan volume yang sama dengan kubus berukuran rusuk 1 meter. Kita sudah tidak asing lagi tentang satuan “kubik”. Satuan kubik bukanlah satuan standar untuk volume. Satuan kubik adalah singkatan dari “meter kubik”. Jadi ketika orang mengatakan 3 kubik pasir maksudnya yaitu 3 meter kubik pasir. Saat orang mengatakan 5 kubik air, maksudnya yaitu 5 meter kubik air.

Baca juga : Proposal: Tujuan, Struktur & Kaidah Bahasa

Massa Jenis (Densitas)

Massa jenis/densitas didefinisikan sebagai massa per satuan volume barang/benda. Satuan massa jenis merupakan satuan massa per satuan volume. Contoh satuan massa jenis ialah ton/m3, kg/liter, gram/cc, & seterusnya. Rumus massa jenis yaitu sebagai berikut.

Pengertian Massa Jenis Bulk (Densitas Bulk)
1 Kubik Berapa Ton ? Massa jenis bulk/densitas bulk merupakan massa persatuan volume benda termasuk juga ruang udara yang ada di sela-sela benda tersebut.

Ketika kita menghitung densitas biji kopi dengan menghitung massa 1 liter biji kopi, jadi massa jenis terhitung ialah massa jenis bulk kopi itu. Hal ini karena dalam 1 liter kopi itu ada celah udara diantara biji-biji kopi itu. Jika pada benda cair misalnya air, tidak ada ruang udara sebab air menempati setiap ruang yang ditempatinya. Dalam hal ini massa jenis bulk air sama seperti massa jenis air.

Konversi Satuan Massa Jenis

Konversi beberapa satuan massa jenis ke satuan ton/m3 ditunjukkan oleh tabel berikut.

  • 1 kg/m3 = 0,001 ton/m3
  • 1 kg/dm3 = 1 ton/m3
  • 1 kg/liter = 1 ton/m3
  • 1 gram/ml = 1 ton/m3
  • 1 gram/cm3 = 1 ton/m3
  • 1 gram/cc = 1 ton/m3

Konversi Satuan m3 ke ton
Berdasarkan rumus massa jenis di atas, jadi kita bisa menghitung massa barang/benda bila diketahui massa jenis & volume barang/benda tersebut. Untuk bisa menghitung massa benda dalam ton, ila diketahui volume barang/benda dalam meter kubik & massa jenisnya dalam satuan ton/m3, dipakai rumus sebagai berikut.

Misalnya kita ingin menghitung berat 1 truk beras berisi 8 meter kubik, diketahui bahwa massa jenis beras yaitu 0,75 ton/m3. Kita bisa menghitung berapa ton berat beras dalam truk tersebut dengan cara sebagai berikut.
m = ρ.V = 0,75x8ton=6ton. Jadi berat beras dalam truk tersebut ialah 6 ton.

Contoh soal

Cara Mengubah Satuan Meter Kubik menjadi Satuan ton
Untuk memudahkan pemahaman mengenai cara mengubah satuan volume m3 ke satuan berat ton, berikut ini beberapa contoh soal perhitungannya.

Contoh Soal 1
Diketahui sebuah truk mengangkut 3 meter kubik pasir yang mempunyai massa jenis 1,45 ton/m3. Berapa tonkah berat pasir yang diangkut truk tersebut?
Jawab
ρ = 1,45 ton/m3
V = 3 m3
m = ρ.V = 1,45x3ton=4,35ton
Maka berat pasir yang diangkut truk tersebut ialah 4,35 ton.

Contoh Soal 2
Ada sebuah truk tangki yang mengangkut 5,5 kubik air bersih. Massa jenis air ialah 1 kg/liter. Berapa tonkah berat air bersih yang diangkut truk tangki itu?
Jawab
ρ = 1 kg/liter = 1 ton/m3
V = 5,5 m3
m = ρ.V = 1×5,5ton=5,5ton
Maka berat air bersih yang diangkut truk tangki tersebut ialah 5,5 ton.

Contoh Soal 3
Di dalam sebuah gudang ada 2,5 meter kubik kertas. Massa jenis kertas ialah 1,2 gram/cc. Berapa ton berat kertas dalam gudang itu?
Jawab
ρ = 1,2 gram/cc = 1,2 ton/m3
V = 2,5 m3
m = ρ.V =1,2×2,5ton=3ton
Maka berat kertas di dalam gudang tersebut ialah 5,5 ton.

Contoh Soal 4
Dalam sehari sebuah pabrik tahu bisa menghabiskan 2,5 kubik kacang kedelai. Massa jenis kacang kedelai ialah 800 gram/liter. Berapa ton kacang kedelai yang dibutuhkan oleh pabrik tahu itu setiap hari?
Jawab
ρ = 800 gram/liter = 800 x 0,001 ton/m3 = 0,8 ton/m3
V = 2,5 m3
m = ρ.V =0,8×2,5ton=2ton
Maka kacang kedelai yang dibutuhkan pabrik tahu itu setiap hari ialah 2 ton.

Contoh Soal 5
Sebuah mobil pick up mengangkut 2,25 meter kubik kerikil. Diketahui massa jenis kerikil adalah 1,6 ton/m3. Berapa ton berat kerikil yang diangkut oleh mobil pick up itu?
Jawab
ρ = 1,6 ton/m3
V = 2,25 m3
m = ρ.V =1,6×2,25ton=3,6ton
Maka berat kerikil yang diangkut oleh mobil pick up itu ialah 3,6 ton.