1 Kg Berapa Gram?

Posted on

1 Kg Berapa Gram? Dilengkapi dengan contoh soalnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1 kg berapa gram

Ada beberapa benda-benda yang bisa dengan mudah kita hitung untuk menyatakan jumlahnya misalnya bola, meja, rumah, mobil dan masih banyak yang lainnya. Karena ukurannya yang besar, benda-benda tersebut bisa dengan mudah kita hitung. Benda-benda yang terlalu kecil untuk bisa dihitung satu persatu atau benda-benda cair biasanya dinyatakan dalam satuan berat atau volume.

Kuantitas atau jumlah benda-benda berukuran kecil atau benda cair seringkali dinyatakan dalam satuan berat. Bahkan ada beberapa benda yang dahulu lebih sering dinyatakan dalam satuan volume, sekarag biasa dinyatakan dalam satuan berat contohnya seperti beras, minyak goreng, cat, dan lain sebagainya.

Banyak orang setuju jika satuan berat yang populer dan paling banyak dipakai sehari-hari adalah satuan kilogram dan gram. Bagaimanakah hubungan atara satuan berat kilogram dengan gram? Berikut ini akan AFKGG jelaskan mengenai konversi satuan berat dari kilogram ke gram beserta beberapa contoh soalnya.

Pengertian

Kg merupakan kependekan dari Kilogram adalah satuan kilogram dari salah satu satuan massa atau berat dalam sebuah sistem internasional (SI).

Simbol resmi untuk satuan ini adalah kg. Satuan dasar untuk massanya (berat) adalah gram. Tapi 1 kilogram ada berapa gram? Beberapa satuan massa lainnya berbasis gram misalnya adalah milligram (mg), centigram (cg), decigram (dg), dst.

Massa kilogram standar kilogram ini hampir sama dengan massa 1 liter air.

Di dalam penggunaannya pada kehidupan sehari-hari, massa sebuah benda dianggap sama dengan beratnya, padahal sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda sama sekali, dilihat dari nilai serta konsepnya.

Dalam konteks sains, massa merujuk kepada banyaknya jumlah partikel dalam suatu objek, sedangkan berat lebih merujuk kepada gaya yang dialami oleh suatu benda akibat adanya suatu gaya gravitasi. Sebuah objek yang mempunyai massa satu kilogram akan mempunyai sebuah berat antara 9.78 newton dan 9.83 newton, tergantung pada gravitasi di tempat itu.

Sedangkan Gram merupakan sebuah satuan massa yang berasal dari bahasa Yunani / Latin yaitu grámma yang artinya yaitu satuan dari massa. Simbol dari satuan ini sendiri adalah huruf g.

Berikut adalah satuan gram ke satuan massa yang lainnya:

  • 1 miligram     = 0.001 gram
  • 1 sentigram   = 0.01 gram
  • 1 desigram    = 0.1 gram
  • 1 dekagram   = 10 gram
  • 1 hektagram = 100 gram
  • 1 kilogram    = 1000 gram
Baca Juga:  Rumus Interpolasi

1 Kg Berapa Gram?

Didefinisikan bahwa 1 kilogram adalah sama dengan 1.000 gram. Untuk mempermudah dalam mengingat hubungan antara kedua satuan ini, perlu ketahui jika “kilo” artinya “ribu”. 1 kilogram artinya 1 ribu gram.

Kita juga tentu sering mendengar kata dengan awalan “kilo” pada beberapa satuan lainnya seperti misalnya kilometer (1 kilometer = 1.000 meter), kiloliter (1 kiloliter = 1.000 liter, kilowatt (1 kilowatt = 1.000 watt), dan lain sebagainya.

Contoh Soal

Beikut ini beberapa contoh soal mengubah satuan berat dari kilogram ke gram yang mungkin bisa membantu kalian dalam memahami kedua satuan berat tersebut.

Soal 1

Ada satu karung beras yang memiliki berat 4 kg. Berapa berat karung beras tersebut dalam satuan gram?

Jawab:

Berat beras = 4 kg = 4 x 1.000 g = 4.000 g

Jadi, berat beras dalam karung tersebut dalam satuan gram adalah 4,000 gram

Soal 2

Satu kemasan kacang kedelai memiliki berat 1,2 kg. Kacang kedelai tersebut akan dibagi rata ke dalam 4 kantong plastik. Berapa gram berat isi masing-masing kantong plastik?

Jawab:

Berat kacang kedelai dalam kemasan = 1,2 kg = 1,2 x 1.000 g = 1.200 g
Jumlah kantong plastik ada 4
Berat isi masing-masing kantong plastik = (1.2000 g) / (4) = 300 g

Jadi, berat isi masing-masing kantorng plastik adalah 300 gram