Rumus Bujur Sangkar: Luas & Keliling

Posted on

Rumus Bujur Sangkar Dilengkapi dengan contoh soalnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Rumus Bujur Sangkar

Ada banyak bentuk bidang datar yang kita ketahui. Bujur sangkar adalah salah satu bidang dua dimensi yang banyak kita temui. Contoh benda-benda yang mempunyai permukaan berbentuk bidang bujursangkar antara lain keramik, serbet, petak catur, kubus, dan lain sebagainya.

Bidang bujur sangkar biasa disebut juga dengan bidang persegi. Bagaimana cara menghitung keliling dan luas bujursangkar? Berikut ini adalah pembahasan secara lengkap dari AFKGG.

Pengertian

Bujur sangkar merupakan bidang yang dibatasi oleh empat sisi yang sama panjang dan mempunyai empat titik sudut yang semuanya sudut siku-siku (sudut 90 derajat). Untuk bisa menghitung keliling dan luas sebuah bujur sangkar harus diketahui panjang sisinya.

Sisi-sisi pada bangun bujur sangkar panjangnya adalah sama. Bujur sangkar sebenarnya merupakan segi empat yang istimewa karena keempat sisinya mempunyai ukuran panjang yang sama.

Banyak sekali banda-banda yang ada di sekitar kita yang bentuk dasarnya adalas persegi atau bujur sangkar, misalnya kubus yang terangkai dari beberapa bujur sangkar, dadu dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika kita ditugaskan untuk menghitung luas dan keliling bujur sangkar?

Untuk menjawab pertanyaan di atas maka kita perlu mengetahui rumusnya sehingga kita bisa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan luas dan keliling suatu benda yang berbentuk bujur sangkar.

Rumus

Luas

Untuk bisa menghitung luas suatu bujur sangkar maka harus diketahui panjang sisinya terlebih dahulu. Pada dasarnya cara menghitung luas bujur sangkar sama dengan cara menghitung luas segiempat yaitu panjang x lebar.

Karena panjang dan lebar sebuah bujur sangkar sama dengan sisi bujur sangkar tersebut, maka luas bujur sangkar = sisi x sisi. Satuan luas merupakan satuan panjang persegi seperti millimeter persegi, centimeter persegi, inch persegi, meter persegi, dsb.

Rumus untuk menghitung luas bujursangkar:

Rumus Bujur Sangkar

Keliling

Untuk bisa menghitung keliling suatu bangun bujur sangkar harus diketahui panjang sisinya dahulu. Keliling suatu bujur sangkar adalah jumlah panjang keempat sisi-sisinya.

Karena keempat sisi bujur sangkar sama maka panjang keliling bujur sangkar = 4 x sisi. Satuan keliling merupakan satuan panjang misalnya millimeter, centimeter, inch, meter, dsb.

Rumus untuk menghitung keliling bujursangkar:

Rumus Bujur Sangkar

Contoh Soal

Soal 1

Sebuah bangun bujur sangkar mempunyai panjang sisi 9 cm, maka tentukan Luas bujur sangkar tersebut.

Jawab:

Diketahui:

Sisi bujur sangkar 9 cm

Atau       S = 9

Luas = sisi x sisi

atau

Luas = S2

          = 92         

          = 9 x 9

          = 81

Jadi luas bujur sangkar tersebut adalah 81 cm2

Soal 2

Sebuah bangun bujur sangkar mempunyai panjang sisi 14 cm, maka tentukan keliling bujur sangkar tersebut.

Jawab:

Diketahui:

Sisi bujur sangkar 14 cm

Atau       S = 14

Keliling = 4 x sisi

atau

Keliling = 4S

              = 4 x 14        

              = 56

Jadi keliling bujur sangkar tersebut adalah 56 cm.

Baca Juga: