Rumus Lingkaran: Luas, Keliling, & Diameter

Posted on

Rumus Lingkaran dilengkapi dengan contoh soal akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

rumus lingkaran

Masih ingatkah kalian dengan materi bangun datar? Ada beberapa bangun datar yang sudah kita ketahui, seperti persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, jajar genjang, layang-layang, dan masih banyak lagi bangun datar yang lainnya.

Salah satu bangun datar yang mempunyai sisi lengkung yaitu lingkaran. Nah, pada kesempatan kali ini AFKGG akan membahas mengenai rumus lingkaran ini. Untuk penjelasan lebih lengkap, kalian bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Lingkaran adalah himpunan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tertentu pada lingkaran tersebut disebut sebagai pusat lingkaran.

Lingkaran mempunyai satu sisi yang berupa sisi lengkung. Jarak suatu titik pada lingkaran dengan pusat lingkaran disebut sebagai jari-jari lingkaran. Perhatikan gambar berikut.

rumus lingkaran

Pada gambar di atas, titik P adalah titik pusat lingkaran dan r merupakan jari-jari lingkaran.

Dalam lingkaran juga ada ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran disebut sebagai tali busur.

Tali busur terpanjang lingkaran melalui titik pusat lingkaran disebut sebagai diameter lingkaran. Panjang diameter lingkaran adalah dua kali Panjang jari-jari lingkaran.

Kemudian untuk elemen – elemen yang ada di dalam lingkaran yang bisa kami jelaskan antara lain adalah:

  • Jari – Jari (R)
  • Tali Busur (TB)
  • Busur (B)
  • Keliling Lingkaran (K)
  • Diameter (D)
  • Apotema  dan Juring (J)

Elemen – eleman tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga bisa menghasilkan rumus menghitung luas lingkaran, rumus menghitung keliling lingkaran dan rumus menghitung diameter lingkaran.

Rumus

Luas Lingkaran

Cara Menghitung Luas Lingkaran dapat kalian cari dengan:

L = π.r.r

Dan penjelasan dari r ialah jari – jari lingkaran yang biasanya ada di setiap soal – soal yang membahas mengenai materi diatas serta π sudah pasti menggunakan angka 3,14.

Keliling Lingkaran

Sedangkan untuk rumus menghitung keliling lingkaran hampir sama dengan rumus luas lingkaran. Berikut adalah rumus keliling lingkaran :

K = 2.π.r

Diameter Lingkaran

Sedangkan untuk cara menghitung rumus diameter lingkaran malah terlihat lebih sederhana, rumusnya adalah :

d = 2 x r

Contoh Soal

Soal 1

Tamara mempunyai sebuah velg mobil, diketahui velg mobil tersebut memiliki diameter 42 cm. Maka tentukan berapa luas dari velg mobil tersebut?

Diketahui :

d = 42 cm
Karena d = 2 kali r maka jari-jarinya,
r = d/2 = 42/2 = 21 cm

Jawaban :

Luas = π x r x r
Luas = 22/7 x 21 x 21
maka Luasnya = 1386 cm²

Soal 2

Diket Roda berbentuk Lingkaran memiliki Diameter sebesar 30 cm maka tentukan jumlah Luas Lingkaran dan Keliling Lingkaran yang ada ?

Mencari Luas Lingkaran
Luas = π.r.r
Luas = 3,14 x 15 x 15 — > ( jari-jari 15 diperoleh dari d = 30/2 = 15)
Luas = 3,14 x 225 = 707 cm²

Jawaban Keliling Lingkaran
Keliling = 2.π.r
K = 2. 22/7.15
K = 30 x 22/7
K= 660 / 7 = 95 cm

Baca Juga: