Kecepatan Sudut dan Kecepatan Linear

Posted on

Kecepatan Sudut dan Kecepatan Linear dilengkapi dengan contoh soal akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Kecepatan Sudut dan Kecepatan Linear

Apabila kita membandingkan putaran dua roda yang berbeda jari-jarinya, maka kita akan mengetahui jika panjang lintasan dalam satu putaran antara dua roda tersebut akan berbeda.

Hal ini dikarenakan keliling lingkarannya berbeda, sedangkan satu putaran roda mempunyai panjang lintasan yang sama dengan keliling lingkaran roda. Untuk memahami perbedaan ini, maka kita harus memahami konsep kecepatan sudut dan kecepatan linear.

Pada kesempatan kalin ini AFKGG akan membahas tentang kecepatan sudut dan kecepatan linear. Untuk pembahasan lebih jelas, kalian bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Kecepatan Sudut

Definisi dari kecepatan sudut ialah besar nya sudut juring lingkaran yang terbentuk oleh lintasan suatu titik yang bergerak melingkar per satuan waktu. Lalu kecepatan sudut biasa disebut juga dengan kecepatan angular.

Dan satuan dari kecepatan sudut adalah rad/sekon. Namun ada juga satuan lain nya yang bisa digunakan misalnya adalah rad/menit atau rad/jam.

Kecepatan Linear

Definisi dari kecepatan linear adalah sebuah panjang lintasan titik yang bergerak melingkar per satuan waktu nya. Dan kecepatan linear biasa disebut juga dengan kecepatan tangensial. Lalu untuk satuan dari kecepatan linear ialah meter/sekon.

Namun ada juga satuan lain yang bisa dipakai misalnya adalah cm/ detik, meter/menit, meter/jam, dll.

Rumus

Kecepatan Sudut

Kecepatan sudut merupakan sudut tempuh dibagi dengan waktu tempuh. Rumus menentukan kecepatan sudut (kelajuan sudut) dari suatu benda yang bergerak melingkar adalah sebagai berikut.

Kecepatan sudut = sudut tempuh / waktu tempuh

Kecepatan Sudut dan Kecepatan Linear

ω = kecepatan sudut (rad/sekon)
π = konstanta lingkaran = 22/7
f = frekuensi (putaran/sekon)
T = periode (sekon)

Frekuensi (f) merupakan banyaknya putaran yang dilakukan suatu objek dalam satu detik. Frekuensi benda yang bergerak berputar n kali selama t sekon adalah f = n / t putaran persekon.

Periode (T) merupakan waktu yang dibutuhkan suatu objek untuk menyelesaikan satu putaran penuh. Periode benda yang begerak berputar n kali selama t sekon adalah T = t / n sekon.

Kecepatan Linear

Kecepatan linear merupakan jarak tempuh dibagi dengan waktu tempuh. Jarak tempuh satu putaran adalah sama dengan keliling lingkaran yaitu 2.π.r (r adalah radius atau jari-jari lingkaran).

Rumus menentukan kecepatan linear dari sebuah benda yang bergerak melingkar adalah sebagai berikut.

Kecepatan linear = jarak tempuh / waktu tempuh

Kecepatan Sudut dan Kecepatan Linear

v = kecepatan linear (rad/sekon)
π = konstanta lingkaran = 22/7
r = radius (jari-jari lingkaran)
f = frekuensi (putaran/sekon)
T = periode (sekon)

Contoh Soal

Soal 1

Sebuah benda melakukan gerak melingkar dengan nilai besar sudut yang ditempuh yaitu ¾ putaran di dalam waktu 1 sekon, tentukanlah kecepatan sudut benda tersebut ?

Diketahui:

f = (¾ putaran)/(1 s)
f = 0,75 Hz

dengan menggunakan rumus diatas maka,

ω = 2πf
ω = 2 × 3,14 × 0,75
ω = 4,71 rad/s

Maka nilai kecepatan sudut benda tersebut 4,71 rad/s

Soal 2

Suatu benda bergerak melingkar dengan nilai frekuensi 3,5 putaran/sekon. Hitunglah nilai kelajuan sudut dari benda tersebut ?

Diketahui :

f = 2,5 putaran/s
ω = 2πf
ω = 2π x 3,5
ω = 7π
ω = 7 x (22/7) = 22 rad/s

Maka kecepatan sudut benda adalah 22 rad/s

Baca Juga: