Cara Menghitung Massa Jenis

Posted on

Cara Menghitung Massa Jenis dilengkapi dengan contoh soal akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

massa jenis

Saat kalian membawa 1 kg benang nilon akan terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan membawa 1 kg beras. Mengapa hal ini bisa terjadi, padahal keduanya berwujud sama dan memiliki massa 1 kg?

Peristiwa ini terjadi karena adanya suatu perbedaan kerapatan suatu zat yang satu dengan zat lainnya, meskipun wujud zatnya sama.

Untuk lebih jelasnya lagi silakan kalian simak ulasan dari AFKGG yang ada di bawah berikut ini.

Pengertian

Apasih bedanya sih massa jenis, massa, dan berat? Ketiga hal tersebut mempunyai hubungan yang sangat erat dan adakah yang tau apa perbedaan tiga hal itu?

Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Massa adalah suatu sifat fisika dari suatu benda yang dipakai untuk menjelaskan berbagai objek yang sedang kita amati.

Berat adalah gaya yang disebabkan oleh gravitasi berkaitan dengan massa benda itu sendiri. Kembali ke masalah massa jenis. Massa jenis adalah salah satu sifat fisika yang dimiliki oleh benda, baik zat padat, cair, maupun gas.

Massa jenis diperlukan untuk mengetahui dan mengukur satuan volume pada benda. Semakin tinggi massa jenis maka semakin besar juga massa untuk setiap volume.

Massa  jenis juga bisa disebut sebagai kerapatan suatu zat. Lambang dari massa jenis ialah ρ (rho), yang mana didefinisikan sebagai hasil bagi massa zat oleh volume.

Keadaan Benda dalam Air

Disini kita akan membahas mengenai beberapa kondisi benda apabila berada dalam air berdasarkan nilai dari massa jenis suatu benda:

Terapung

Saat benda terapung artinya adalah massa jenis benda lebih kecil dari pada massa jenis air. Benda dikatakan terapung apabila bagian dari benda tersebut berada di permukaan baik sebagian atau seluruhnya.

Dari kejadian itu dapat didefinisikan bahwa  gaya angkat atas (Fa) lebih besar dari gaya berat (W).

Melayang

Melayang adalah kondisi suatu benda berada tidak di dasar dan tidak juga berada di atas permukaan air. Benda bisa berada dalam keadaan melayang apabila massa jenis benda sama dengan massa jenis dari cairannya.

Jika dilihat lebih detail lagi benda dapat melayang apabila nilai gaya ke atas (Fs) sama dengan gaya beratnya (W).

Tenggelam

Benda dapat dikatakan tenggelam apabila beda tersebut seluruhnya berada di bawah permukaan air dan berada di dasar permukaan zat cair.

Hal ini disebabkan oleh massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan atau gaya angkat benda (Fa) lebih kecil dari gaya berat benda (W).

Rumus

Kita sudah mempelajari banyak hal tentang massa jenis, sekarang waktunya kita membuat model matematisnya dari materi massa jenis ini. Dari sini kita bisa mengetahui persamaan massa jenis sebagai berikut:

ρ = m/V

Keterangan :

  • ρ : massa jenis  (kg/m3)
  • m = massa benda (kg)
  • V = bolume benda (m3)

Berdasarkan rumus massa jenis yaitu massa/volume, maka satuan massa jenis adalah satuan massa/satuan volume. Dalam sistem satuan internasionnal (sistem SI), satuan standar untuk massa jenis atau densitas adalah kg/m3 (kilogram per meter kubik).

Pada dasarnya setiap satuan massa/satuan volume dapat digunakan untuk menyatakan massa jenis. Beberapa satuan massa jenis yang banyak dipakai adalah sebagai berikut.

  • kilogram per meter kubik (kg/m3)
  • kilogram per liter (kg/L)
  • gram per milliliter (g/mL)
  • milligram per deciliter (mg/dL)
  • metric ton per meter kubik (t/m3)
  • gram per cubic centimeter (g/cc)

Contoh Soal

Soal 1

Sebuah benda berbentuk kubus padat yang terbuat dari bahan sintetik mempunyai panjang rusuk 10 cm. Benda tersebut mempunyai berat setengah kilogram. Hitunglah massa jenis benda tersebut dalam satuan kilogram per meter kubik (Petunjuk massa jenis = massa/volume, volume kubus = sisi x sisi x sisi).

Jawab:

Diketahui m = 0,5 kg, s = 10 cm
Volume kubus = V = 10 x 10 x 10 = 1.000 cm3 = 0,001 m3
Massa jenis = 0,5/ 0,001 = 500 kg/m3

Soal 2

Diketahui 2 meter kubik kayu beratnya 1.400 kg. Berapa massa jenis kayu tersebut? (Petunjuk massa jenis = massa/volume).

Jawab:

Diketahui m = 1.400 kg, V= 2 m3
Massa jenis = 1.400/ 2 = 700 kg/m3

Baca Juga: