Cara SMS Banking BRI

Posted on

Cara SMS Banking BRI – Berikut adalah beberapa Cara mendaftarkan SMS Banking BRI lewat ATM maupun kantor bank BRI, simak penjelasannya.

Gimana ya cara SMS Banking BRI? Pemakaian fitur SMS Banking BRI menjadi salah satu cara bertransaksi yang menguntungkan. Sebab fitur Bank BRI yang satu ini menawarkan efisiensi dari segi biaya dan waktu dalam bertransaksi.

Kalau melakukan cek saldo BRI di ATM itu terasa ribet & menyita waktu, memakai SMS Banking dari Bank BRI bikin cara cek saldo BRI menjadi lebih mudah & praktis.

Kebayang, bukan? Cukup bermodalkan handphone & pulsa, transaksi dapayt dilakukan gak lebih dari 5 menit.

Walaupun fitur mobile ini sudah tersedia lama, ternyata masih cukup banyak nasabah BRI yang belum tahu gimana cara SMS Banking BRI, cara daftar, cara transfer, & cara cek saldo.

Apa itu SMS Banking BRI?

Cara SMS Banking BRI

Sama seperti bank-bank besar lainnya, Bank Rakyat Indonesia atau (BRI) juga berinovasi demi memberikan layanan terbaik buat nasabahnya.

Kehadiran layanan perbankan lewat handphone ini menjadi terobosan yang memudahkan nasabah BRI dalam melakukan transaksi perbankan.

Nah, SMS Banking BRI merupakan salah satu layanan perbankan yang dapat dilakukan di handphone dengan mengirimkan pesan SMS ke nomor 3300.

Dengan mengetikkan format yang diminta, berbagai transaksi mulai dari cek informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan, hingga beli pulsa isi ulang begitu gampangnya dilakukan.

Apakah SMS Banking BRI sama dengan BRI Mobile?

Layanan mobile lainnya yang ditawarkan BRI selain SMS Banking dari Bank BRI yaitu mobile banking BRI.

Layanan online yang dikenal sebagai BRI Mobile ini juga sama-sama memberikan kemudahan ke nasabah sehingga transaksi perbankan menjadi lebih simpel.

BRI Mobile sudah diperkenalkan sejak 2012 & dapat diakses cuma lewat smartphone. Fitur-fitur yang ada di dalam mobile banking BRI dapat dikatakan beragam, mulai dari fitur cek saldo, mutasi rekening, transfer uang, pembayaran, pembelian, hingga ganti PIN.

Gak cuma itu, ada lagi fitur-fitur lainnya yang terpasang di BRI Mobile. Fitur-fitur tersebut antara lain yaitu:

  1. Menyimpan histori transaksi.
  2. Menjadwalkan pembayaran.
  3. Membatasi transfer atau limitasi hingga Rp 1 miliar.
  4. Menyimpan notifikasi transaksi.
  5. Cari informasi keberadaan ATM.
  6. Cari informasi merchant E-Pay, seperti Tiket.com, Kereta Api Indonesia, Citilink, Blibli, hingga Electronic Solution.
  7. Informasi produk bank BRI semisal deposito.

Lalu, apakah layanan SMS Banking BRI itu sama dengan BRI Mobile? Tentu saja kedua layanan ini berbeda. Kalau cara SMS bisa dipakai dengan mengirimkan pesan dengan format SMS tertentu, BRI Mobile diakses langsung di aplikasi yang telah terpasang di smartphone.

Tetapi, baik SMS Banking dari Bank BRI maupun BRI Mobile, keduanya dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran premi asuransi, termasuk premi asuransi BRIngin Life.

Sebagai informasi, BRI tidak cuma memberi layanan simpanan & pinjaman. Bank BRI juga menyediakan layanan proteksi lewat penawaran asuransi BRI Life yang memberi manfaat ekstra berupa:

uang pertanggungan mencapai 150 persen dari premi yang dibayarkan,
penggantian biaya operasi akibat sakit & kecelakaan hingga Rp2,5 juta,
manfaat pertanggungan jika nasabah menderita 34 penyakit kritis,
gratis biaya medical check up,
santunan duka yang diberikan mencapai 100 persen uang pertanggungan,
& masih banyak lagi.

Mulai dengan membayar premi dari Rp10 ribuan, Anda dapat menikmati benefit-benefit dari asuransi BRI Life seusai dengan isi polis yang disepakati.

Baca juga : Cara Daftar mBanking BRI

Cara SMS Banking BRI
  • Cara daftar SMS Banking BRI yang resmi dan sesuai prosedur

Karena cara daftar SMS Banking dari Bank BRI itu sama dengan cara daftar BRI Mobile, itu berarti melakukan registrasi SMS Banking sekaligus registrasi mobile banking BRI. Lalu, seperti apa langkah-langkah registrasinya?

Cara daftar lewat ATM

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara daftar SMS Banking BRI lewat ATM.

  1. Temukan mesin ATM BRI yang berada di sekitarmu.
  2. Begitu udah di depan mesin ATM, masukkan kartu ATM/debit milikmu.
  3. Masukkan nomor PIN ATM milikmu.
  4. Pilih Transaksi Lain dan pilih Lainnya.
  5. Pilih menu Registrasi.
  6. Pilih Mobile Banking.
  7. Masukkan nomor handphone yang aktif dipakai kemudian tekan Benar.
  8. Masukkan SMS PIN buat dipakai di aplikasi & boleh sama dengan PIN kartu ATM. Setelah itu, tekan Benar.
  9. Masukkan kembali PIN yang udah di-input sebelumnya. Kemudian tekan “Benar”.
  10. Notifikasi muncul di layar mesin ATM sebagai tanda transaksi telah berhasil.
  11. Struk pun keluar dari mesin ATM sebagai bukti registrasi telah dilakukan.
  12. Setelah melakukan pendaftaran SMS Banking dari Bank BRI di mesin ATM, fitur yang dipakai baru sebatas cek saldo BRI. Agar dapat mengakses fitur-fitur lainnya, baik di SMS Banking dari Bank BRI maupun BRI Mobile, nasabah perlu mendaftarkan diri sebagai konfirmasi ke customer service yang ada di kantor Bank BRI.

Cara daftar di Kantor Bank BRI

Selain melalui ATM, anda juga dapat mendaftarkan diri untuk menjadi peserta SMS Banking dari Bank BRI melalui kantor Bank BRI. Tentu saja ada beberapa alur yang harus anda tempuh untuk dapat mendaftarkan akun SMS Banking.

  1. Sebelum berangkat, anda wajib mempersiapkan beberapa dokumen untuk daftar SMS Banking BRI, mulai dari fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotocopy kartu ATM BRI.
  2. Buat berjaga-jaga, silahkan bawa buku tabungan BRI anda.
  3. Setelah semuanya siap nomor handphone yang didaftarkan pastikan selalu aktif agar nantinya gak diblokir.
  4. Anda cukup datang ke Kantor Bank BRI untuk bertemu petugas atau customer service yang siap membantu kita mengurus pendaftaran SMS Banking hingga nantinya dapat dipakai untuk transfer, cek saldo, hingga membeli pulsa serta token listrik. Hal ini juga berlaku buat anda yang baru mendaftarkan diri menjadi nasabah Bank BRI
  5. Jangan lupa membawa identitas diri berupa KTP dan kartu ATM saat hendak mengunjungi kantor Bank BRI buat daftar SMS Banking BRI ataupun BRI Mobile.

Gimana? Langkah-langkahnya mudah dilakukan, bukan?