Cara Cek Saldo Mandiri

Posted on

Cara Cek Saldo Mandiri – Dahulu biasanya seseorang enggan malas untuk pergi ke bank karena beberapa alasan. Salah satunya adalah karena lamanya antrean yang akan sangat memakan waktu. Misalnya, untuk melakukan cek saldo saja, seseorang biasanya harus menunggu berlama-lama. Tentu saja sangat tidak praktis dan membuang-buang waktu.

cek saldo mandiri

Akan tetapi, teknologi sekarang sudah mengubah beberapa hal dalam keseharian banyak orang. Semakin banyak aktivitas yang dapat dilakukan hanya dengan memakai smartphone atau gadget, termasuk dalam menjalankan aktivitas perbankan, baik yang untuk melakukan transaksi atau hal lain.

Termasuk mengecek saldo tentunya, yang kini sudah menjadi aktivitas yang sangat mudah untuk dilakukan semua orang. Banyak bank yang saat ini sudah menyediakan fasilitas SMS Banking dan Internet Banking yang semuanya mempermudah masyarakat dalam aktivitas mengecek saldo dan hal-hal lainnya bagi nasabah bank tersebut, termasuk nasabah Bank Mandiri.

Banyak cara yang dapat dipakai untuk mengecek saldo rekening. Cek saldo rekening Mandiri dapat menggunakan SMS Banking, Internet Banking, ataupun dengan memanfaatkan mesin ATM yang ada di dekat kalian. Berikut ini caranya:

Baca Juga:  Cara Daftar mBanking BNI

1. Melalui Mesin ATM

Cara cek saldo yang sangat konvensional dan masih saja sering dilakukan oleh nasabah bank Mandiri adalah menggunakan mesin ATM. Mengecek saldo lewat mesin ATM sangat mudah untuk dilakukan.

Selain karena ini merupakan cara yang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang, menu yang ditampilkan juga tersedia langsung di tampilan layarnya. Hanya dengan memasukkan PIN ATM yang kalian miliki lalu ikuti langkah-langkah seperti yang tertera di layar mesin ATM tersebut.

2. Melalui SMS Banking

Ini adalah cara yang paling mudah karena kalian hanya perlu menggunakan ponsel biasa dan bisa dengan cepat mengetahui berapa saldo yang tersisa di rekening kalian, caranya adalah :

Kirim sms ke nomor sms banking mandiri yakni 3355 dengan format : SAL(spasi)Index Rekening(spasi)4 gigit terakhir no rekening.

Contoh : SAL 1 1234

Kalian tidak perlu memasukan PIN, kalian akan langsung mendapatkan balasan yang berisi informasi mengenai saldo rek yang kalian cek tersebut.

Penting : pengecekan hanya dapat dilakukan memakai nomor HP yang terdaftar di layanan sms banking.

3. Melalui Kode UMB

Cara selanjutnya adalah dengan cara dial/call ke nomor *141*6#, tetapi agak sedikit berbeda dengan cara sebelumnya yakni kalian tidak perlu menuliskan 4 digit angka terakhir no rekening namun kalian harus menginput 2 angka PIN, berikut detail caranya.

  • Buka ponsel kalian lalu dial ke nomor *141*6#
  • Klik pilihan 2. Info lalu pilih lagi 1. Saldo
  • Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukan 2 digit acak PIN sms banking, jadi masukan PIN sesuai dengan perintah.
  • Apabila pin yang aklian masukan benar maka kalian akan melihat tampilan di layar ponsel berupa informasi saldo terakhir.

4. Melalui Internet Banking

Cara yang keempat ini hanya dapat dilakukan apabila kalian sudah daftar internet banking via atm atau langsung ke kantor cabang.

Untuk pengecekan secara online ini dapat kalian lakuan menggunakan ponsel ataupun PC dan berikut ini adalah langkahnya.

  • Buka link https://ib.bankmandiri.co.id/ atau apabila kalian malas mengetik silahkan pakai Google lalu ketik “Ib mandiri” nantinya akan muncul di urutan paling atas.
  • Selanjutnya login dengan user ID dan password internet banking kalian.
  • Jika sudah berhasil masuk, pilih menu Informasi Rekening – Rekening Tabungan dan Giro dan pada dropdown pilih Informasi saldo. Hasilnya akan terlihat informasi mengenai sisa saldo di rekening kalian.

5. Melalui Aplikasi Mandiri Mobile

Nah yang terkahir adalah cek menggunakan ponsel melalui aplikasi tambahan yaitu Mandiri Mobile yang dapat kalian download langsung dari Google Play Store dan App Store.

Jika sudah kalian download lalu jalankan, dan ketika pertama kali dibuka kalian akan diminta untuk membuat password agar bisa login ke aplikasi. Jadi silahkan buat password terlebih dahulu, setelah itu login.

Apabila sudah berhasil masuk pilih menu rekening  lalu nantinya akan tampak pada layar ponsel informasi saldo terakhir rekening kalian, dan apabila kalian tap maka akan muncul riwayat 5 transaksi terakhir.