Surat Pribadi: Ciri-ciri, Struktur & Contohnya

Posted on

Pengertian Surat Pribadi dilengkapi dengan ciri-ciri dan contohnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

surat pribadi

Surat pribadi adalah salah satu cara untuk menyampaikan informasi kepada siapapun, di zaman modern ini surat sudah mulai ditinggalkan serta digantikan oleh surat elektronik atau biasa disebut dengan email. Meskipun begitu, surat juga masih sering digunakan, contohnya saja oleh perusahaan, anak sekolah, guru, atau bahkan jika seorang yang sedang menjalin cinta jarak jauh.

Nah, untuk itu kalian harus paham jika jenis surat itu ada banyak sesuai dengan kepada siapa surat itu ditujukan dan apa tujuannya surat itu ditulis, karena ada banyak perbedaan. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas lengkap mengenai surat pribadi.

Pengertian

Surat pribadi adalah jenis surat yang berisi keperluan pribadi yang biasanya ditulis secara pribadi dan ditujukan kepada orang lain dengan menggunakan suatu bahasa yang tidak baku.

Secara garis besar, sebenarnya surat ini tidak memiliki aturan yang mengikat dalam penulisannya. Surat ini dapat ditulis sesuai dengan selera masing-masing penulis. meskipun begitu, dalam etika dan penggunaan bahasa yang sopan tentu saja harus tetap diperhatikan sesuai dengan latar belakang dan kepada siapa surat itu akan ditujukan.

Teks surat pribadi memiliki jumlah kata yang tidak terbatas. Dan dapat ditulis hingga beberapa halaman yang kalian butuhkan atau yang kalian suka. Namun surat jenis ini memiliki beberapa hal yang perlu ditulis seperti dari alamat yang dituju dan tanggal, kata sapaan, pembukaan, isi dan penutup.

Bahasa yang digunakan dalam teks surat pribadi juga harus komunikatif. Surat pribadi adalahn surat yang bersifat privasi atau rahasia yang diketahui oleh dua orang saja.

Pada teks surat pribadi tidak hanya memberikan informasi atau kabar saja. Kadang ada juga yang membuat teks surat pribadi untuk menceritakan isi hati dan perasaannya kepada seseorang.

Tujuan hal tersebut adalah untuk orang yang menerima surat tersebut juga dapat mengerti atau ikut merasakan apa yang dirsakan oleh pengirim surat.

Ciri-ciri

Agar dapat memahami apa itu teks surat pribadi, mengerti tentang ciri-ciri surat pribadi juga penting. Pada umumnya ada beberapa dari ciri-ciri surat teks pribadi yang wajib kalian ketahui saat akan membuat surat ini. Berikut ini adalah ciri-cirinya:

  • Umumnya menggunakan bentuk kata sapaan pada dalam surat tersebut. Kata sapaan pada surat ini biasanya berbentuk rahasia atau privasi. Pada umumnya kata sapaan diletakan di bagian atas atas.
  • Bahasa yang digunakan dalam surat ini tidak formal atau terlalu resmi. Bahkan kebanyakan menggunakan bahasa yang digunakan dalam sehari-hari. Namun bahasa yang digunakan harus tetap sopan, santun dan juga mudah dipahami oleh sang pembaca.
  • Biasanya menggunakan berbagai jenis bahasa di dalam tulisannya. Hal tersebut juga perlu disesuaikan dengan penerima surat tersebut.
  • Meskipun berbentuk surat namun menggunakan kata sapaan yang sama seperti bertemu secara langsung dengan penerima surat tersebut.
  • Pada umumnya sang penulis surat akan menggunakan kata ganti dari orang kedua. Begitu juga sebaliknya dari sang pembaca surat juga menggunakan kata ganti dari orang kedua.
  • Dalam salam pembuka, isi dan juga penutupnya baiknya tidak menggunaka bahasa yang terlalu formal. Atau juga tidak menggunakan bahasa yang terlalu resmi.
  • Mempunyai format yang bebas dan tidak terikat. Segala hal dari isi surat tersebut tergantung dari minat dan keinginan si penulisnya.
  • Pada bagian dari surat tidak mempunyai nomor surat atau kop seperti surat resmi yang lainnya.
  • Pada bagian isi surat biasanya ditulis karena membutuhkan suatu komunikasi dalam surat tersebut dengan orang-orang yang dekat tetapi dengan jarak yang saling berjauhan.

Struktur

Di atas tadi sudah dijelaskan bahwa surat ini tidak memiliki standar resmi atau acuan di dalam pembuatanya. Dalam penulisan surat bebas akan menulis apa sesuka dengan sang penulis.

Namun dalam teks surat ini pun harus memperhatikan beberapa bagian penting hal tersebut bertujuan untuk menghundari beberapa kesalahan. Oleh karena itu saya akan menjelaskan secara lengkap tentang bagian-bagian dari surat ini yang wajib kalian ketahui.

  1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
  2. Alamat Penerima
  3. Mencantumkan Kata Sapaan
  4. Paragraf Pembuka
  5. Bagian Isi Surat
  6. Bagian Penutup
  7. Nama Penulis dan Tanda Tangan

Contoh

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk orang tua.

Kepada Yth,

Ayaha dan Ibu

Di

Lampung

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Singkat saja untuk ketahuan Ayah dan Ibu bahwa saya disini dalam keadaan sehat walafiat, semoga Ayah dan Ibu dan juga adikā€adik di rumah bisa mengalami hal yang sama pula, Amin.

Ayah dan Ibu, surat yang saya kirimkan melalui teman ini, sekedar saya ingin memberi tahu Ayah dan Ibu bahwa hari ini saya sudah menyelesaikan ujian dengan sangat baik. Untuk itu pada liburan minggu depan saya berencana ingin pulang ke Lampung, apabila Ayah dan Ibu mengizinkan.

Itu saja yang ingin saya sampaikan kepada Ayah dan Ibu.

Samarinda, 28 Januari 2020

Tamara