Pengertian Paragraf: Jenis-jenis dan Ciri-ciri

Posted on

Pengertian Paragraf serta dilengkapi dengan jenis-jenis, struktur dan contoh akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

paragraf

Suatu teks yang baik tentu saja didukung oleh sebuah paragraf yang baik juga. Bahkan, paragraf yang baik bisa menentukan seberapa bagus tulisan seseorang. Oleh karena itu, dalam suatu teks kehadiran paragraf memang sangatlah penting.

Paragraf bukan hanya sebuah susunan kalimat yang saling berhubungan satu sama lain untuk dapat membentuk suatu teks yang bisa dibaca. Akan tetapi, dalam penyusunannya dan penggunaan beberapa katanya juga harus diperhatikan dengan seksama.

Nah, untuk membantu menambah pengetahuan, berikut ada beberapa penjelasan mengenai paragraf agar kalian bisa membuat sebuah paragraf yang baik.

Pengertian

Paragraf merupakan suatu rangkaian kalimat yang mempunyai suatu gagasan utama. Dalam artikel ataupun model tulisan lainnya, kalian pasti sudah tidak asing menemui rangkaian paragraf yang berisi tentang keseluruhan isi dari tulisan tersebut. Terdapat berbagai jenis paragraf, yang diklasifikasikan menurut letak gagasan utamanya dan menurut tujuannya.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran tentang hal-hal umum kemudian menjurus ke hal-hal yang khusus. Pada paragraf deduktif, letak kalimat utama berada di awal paragraf.

Ciri-ciri jenis paragraf deduktif adalah sebagai berikut:

  • Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf.
  • Polanya umum-khusus-khusus-khusus.
  • Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.

Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Jenis paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas berupa fakta, contoh, rincian, atau bukti yang kemudian disimpulkan pada kalimat akhir paragraf. 

Ciri-ciri jenis paragraf induktif adalah sebagai berikut:

  • Diawali dengan penjelasan khusus.
  • Digeneralisasikan atau disimpulkan berdasarkan penjelasan khusus di akhir paragraf.
  • Kalimat utama terletak di akhir paragraf (kesimpulan).
  • Polanya khusus-khusus-khusus-umum.

Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang isinya bertujuan untuk memberikan penjelasan atau pengertian secara singkat dan padat.

Paragraf Deskripsi

Paragraf ini merupakan suatu kalimat yang memaparkan isi gambaran pada suatu keadaan atau sebuah peristiwa yang bentuk tulisan sehingga pembaca seolah-olah bisa melihat, mendengar dan merasakan serta mengalami peristiwa tersebut.

Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi merupakan paragraf yang dimana isinya bisa mempengaruhi atau membujuk pembaca untuk tertarik dengan gagasan atau ajakan yang dibuat.

Paragraf Argumentasi

Paragraf ini adalah suatu kalimat paragraf dimana isinya bisa menyakinkan pembaca sehingga memperoleh dan menerima gagasan dalam sebuah karya yang ditulis oleh penulis.

Paragraf Narasi

Paragraf ini adalah suatu kalimat paragraf dimana isinya menceritakan suatu peristiwa atau sebuah masalah, sehingga membuat pembaca menjadi tehibur atau terharu.

Ciri-ciri

  • Pada kalimat pertama atau utama paragraf harus masuk agak ke dalam dengan beberapa ketukan spasi. Ketukan spasi dalam paragraf sekitar lima ketukan, biasanya ketukan lima spasi ini digunakan untuk jenis kalimat atau karangan yang biasa.
  • Paragraf biasanya digunakan sebagai pikiran utama dalam sebuah kalimat atau topik yang sudah ditentukan oleh penulis.
  • Kalimat topik dan kalimat pengembang dalam paragraf mempunyai fungsi dalam penulisan dimana fungsi tersebut bisa menjelaskan atau menerangkan pikiran utama dari penulis dalam menuliskan sebuah karya atau karangan dalam sebuah kalimat topik.
  • Selain itu pada poin keempat paragraf juga menggunakan sebuah kalimat penjelas dalam tulisan dimana kalimat penjelas tersebut berisikan tentang kedetailan dari kalimat topik. Paragraf memang bukan kumpulan dari kalimat topik, tetapi paragraf disini berisi beberapa kalimat penjelas dan hanya satu kalimat topik.