Pengertian Makalah: Jenis-jenis, Struktur & Ciri-ciri

Posted on

Pengertian Makalah dilengkapi dengan struktur dan contoh akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

makalah

Menurut W.J.S Poerwadarminta (1994), makalah merupakan uraian tertulis yang dikemukakan untuk mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut.

Makalah juga bisa disebut sebagai sebuah karya tulis yang di dalamnya terdapat buah pemkiran dari seorang penulis yang belum pernah dipublikasikan dan bersifat ilmiah. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasannya berikut ini.

Pengertian

Pengertian secara umum makalah adalah salah karya tulis yang membahas tentang suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu masalah secara ilmiah. Di kalangan pendidikan makalah juga bisa diartikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Umumnya membuat makalah merupakan tugas dari guru atau dosen sebagai persyaratan penilaian untuk menyelesaikan pelajaran atau mata kuliah, baik berupa kajian pustaka ataupun hasil kegiatan lapangan.

Makalah juga bisa dibuat oleh nara sumber lain seperti pejabat pemerintahan, rektor, dosen kepala sekolah, guru dan lain-lain, sebagai makalah kerja yang dibahas pada seminar, simposium, dsb. Biasanya makalah kerja disampaikan dalam bentuk argumentasi hasil penelitian dengan memasukkan asumsi dan hipotesis terhadap masalah yang diteliti.

Makalah digunakan sebagai karya tulis laporan penelitian sederhana dan dalam pembuatan makalah harus memiliki konsep atau karakteristik pengangkatan topik pembahasan masalah dengan melibatkan suatu kajian pustaka/literatur dan atau merupakan laporan pelaksanaan kegiatan penelitian di lapangan.

Ciri-ciri

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari makalah, antara lain:

  • Merupakan hasil kajian literatur  dan/atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan di suatu perkuliahan;
  • Mendemonstrasikan pemahaman penulis tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori;
  • Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan;
  • Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis  yang utuh.

Jenis-jenis

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis dari makalah, antara lain:

Makalah Ilmiah

Makalah ilmiah adalah sebuah makalah yang membahas suatu permasalahan dari hasil studi ilmiah. Isi dari makalah jenis ini tidak boleh semata-mata berdasarkan pendapat atau opini yang bersifat subjektif.

Makalah Kerja

Makalah jenis ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian. Berbeda dengan makalah ilmiah, makalah ini memungkinkan si penulis untuk memberikan opini yang bersifat subjektif dari permasalahan yang dibahas.

Makalah Kajian

Makalah kajian adalah sebuah jenis makalah yang isinya merupakan cara-cara pemecahan suatu masalah yang sifatnya kontroversial.

Makalah Posisi

Makalah posisi merupakan makalah yang penyusunannya dilakukan atas permintaan suatu pihak, di mana fungsi dari makalah jenis ini adalah sebagai alternatif pemecahan suatu permasalahan yang ada.

Makalah Analisis

Sesuai dengan namanya, makalah jenis ini berisi berbagai analisis suatu permasalahan yang sifatnya objektif dan empiris.

Makalah Tanggapan

Makalah jenis ini merupakan yang paling sering didapatkan oleh siswa/mahasiswa sebagai tugas dari guru/dosen. Isi dari makalah ini merupakan tanggapan/reaksi penulis terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi.

Struktur

Setelah mengetahui pengertian dan berbagai jenis makalah, saatnya kalian mulai mengenal berbagai tahapan dalam membuat makalah.

Tetapi, sebelum menuju proses cara membuat makalah, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu seperti apa strukturnya untuk memudahkan kalian dalam penyusunannya nanti.

Cover

Cover merupakan sampul dari makalah yang memuat judul, logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit. Untuk bagian cover, sebaiknya penulisan menggunakan aturan rata tengah (center) agar cover terlihat lebih rapi.

Kata Pengantar

Kata pengantar juga merupakan salah satu bagian yang harus ada di sebuah makalah. Sesuai dengan namanya, fungsi dari kata pengantar adalah sebagai pengantar agar pembaca mempunyai pandangan umum terhadap makalah yang kamu buat.

Daftar isi

Daftar isi merupakan sebuah halaman yang memuat informasi halaman dari konten dari sebuah makalah. Untuk memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu, maka kalian harus memberikan keterangan halaman pada setiap bab maupun sub-bab di makalah kamu.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan biasanya terdiri dari 3 sub-bab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

Pembahasan/Isi

Pembahasan/Isi adalah bagian paling penting dari sebuah makalah. Bagian ini berisi uraian pokok dari permasalahan yang kamu bahas.

Tentu saja, pembahasan di bagian isi ini harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan yang sudah kalian buat sebelumnya. Isi biasanya mencakup tentang landasan teori, uraian materi, serta solusi atau penyelesaian dari sebuah permasalahan.

Penutup

Bagian penutup biasanya terdiri dari sub-bab kesimpulan dan saran.

Daftar Pustaka

Bagian ini berisi daftar referensi yang digunakan oleh penulis dalam membuat makalah. Daftar referensi yang digunakan bisa berupa jurnal, buku, atau informasi valid dari internet.