Pelanggan: Pengertian, Jenis-jenis, & Karakteristik

Posted on

Pengertian Pelanggan dilengkapi dengan jenis-jenis dan karakteristiknya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

pelanggan

Dalam menjalankan bisnis diperlukan adanya pembeli yang akan membeli barang atau jasa yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Agar cepat terjual, para konsumen yang datang harus bisa membeli dan menggunakannya.

Peranan orang yang berkerja di dalam perusahaan juga berpengaruh supaya menarik perhatian para konsumen. Para konsumen yang datang akan merasa ketagihan dan ingin membeli banyak barang atau jasa yang di sediakan.

Maka kehadiran pelanggan akan sangat baik dan menjadi salah satu kunci sukses dalam berjualan atau berbisnis. Untuk bisa mengerti tentang apa itu pelanggan, kalian bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Pengertian

Pelanggan atau konsumen adalah instansi, lembaga, organisasi maupun orang yang membeli sebuah produk atau jasa di sebuah perusahaan secara rutin atau berkesinambungan karena produk atau jasa yang dibelinya merasa sangat bermanfaat.

Bisa dikatakan juga pelanggan merupakan orang-orang yang memberikan perhatian penuh terhadap suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Pelanggan bukan hanya orang yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan saja, namun pelanggan juga merupakan orang yang mempunyai rasa ingin dihormati dan merupakan bagian terpenting dalam perusahaan.

Kepuasan para pelanggan adalah respon yang emosional dari para pelanggan pada evaluasi terhadap pengalaman saat mengkonsumsi suatu produk ataupun jasa.

Hasil dari evaluasi itu bisa membuat perusahaan menjadi baik dan bisa menjadi buruk, maka perusahaan dituntut untuk bisa memberikan suatu produk atau jasa yang di berikan kepada konsumen dengan kualitas terbaik. Tidak hanya produk yang di hasilkan namun juga pelayanan yang ada tidak luput dari penilaian para pelanggan.

Jenis-jenis

Umumnya ada tiga jenis konsumen dalam ilmu ekonomi, yaitu pelanggan internal, eksternal dan antara. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca penjelasan di bawah ini:

Eksternal

Adalah kelompok ataupun orang yang berada di luar perusahaan yang menerima produk. Pelanggan eksternal pada setiap perusahaan merupakan masyarakat umum yang menerima produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Adapun beberapa hal yang diperhatikan pelanggan eksternal diantaranya adalah:

  • Kesesuaian dengan kebutuhan produk atau jasa.
  • Kualitas produk atau jasa.
  • Harganya yang kompetitif.
  • Pengiriman yang tepat waktu serta pelayanan yang baik.

Internal

Adalah kelompok ataupun orang dalam perusahaan yang mempunyai pengaruh pada performa pekerjaan. Adapun hal-hal yang diperlukan pada pelanggan internal diantaranya seperti:

  • Kerjasama.
  • Kerja kelompok.
  • Sistem dan struktur kerja yang efesien.
  • Pekerjaan yang berkualitas.
  • Pengiriman yang tepat waktu.

Antara

Adalah kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk namun bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan tersebut.

Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti distributor yang bertindak dalam mendristribusikan produk-produk perusahaan.

Karakteristik

Spontan

Karakter konsumen ini bermaksud untuk berurusan dengan kita hanya sekali saat mereka mengunjungi kita atau dipaksa untuk mengambil produk kita untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Biasa

Konsumen seperti ini yang sudah menerima produk atau layanan dari kita sangat puas. Konsumen jenis ini akan kembali untuk melanjutkan produk atau layanan kita bahkan setelah dua atau tiga kali penerimaan.

Perkongsian

Konsumen seperti ini juga bisa bertindak dan menyimpan suatu bentuk keuntungannya yang sudah dihasilkan dari produk atau layanan yang kita tawarkan. Contoh terbaiknya dari konsep adalah perusahaan, arsitek, dan sebagainya.

Berkembang

konsumen tidak hanya puas dengan produk kita, namun juga menggunakan suatu produk atau layanan kita yang bisa dilakukan berulang-ulang ketika berbicara dengan orang lain dan menyajikan produk atau layanan kita kepada orang lain.

Fungsi

Pelanggan memiliki beberapa fungsi dalam dunia ekonomi, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Dengan adanya konsumen produk atau jasa yang kita jual dan tawarkan akan laku dan habis
  • Menempatkan konsumen sebagai mitra usaha.
  • Memberikan keuntungan pada sebuah perusahaan.
  • Menciptakan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa yang ditawarakn.
  • Memenangkan persaingan pasar.