Mengatasi SMS Banking BCA Terblokir

Posted on

Mengatasi SMS Banking BCA Terblokir – Seperti yang telah kita ketahui bersama apabila layanan SMS Banking merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh pihak bank untuk memudahkan para nasabahnya. Semua bank nasional sudah memiliki layanan bernama SMS Banking ini.

sms banking bca

Bank Central Asia atau biasa disebut dengan BCA tentunya telah memberlakukan layanan yang satu ini, mengingat BCA merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan layanan SMS Banking, para nasabah BCA dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan hanya melalui ponsel saja.

Transaksi yang dapat dilakukan misalnya seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan serta masih banyak lagi transaksi lainnya. Kemudahan itu tidak serta merta langsung bisa dinikmati oleh para nasabah BCA, terlebih dahulu mereka harus mendaftarkan diri di kantor cabang terdekat.

Setelah selesai mendaftar lalu registrasi, baru kalian dapat menggunakannya. Dalam memakai layanan SMS Banking BCA ini terkadang tidak semuanya berjalan lancar. Ada juga masalah yang bisa ditemui, seperti misalnya pesan SMS tidak terkirim atau sampai terjadi terblokir SMS Bankingnya.

Apabila layanan ini bisa sampai terblokir, maka kalian harus bergerak cepat untuk mengatasinya. Sehingga nantinya layanan SMS Banking BCA kalian yang terblokir dapat dipakai kembali. Lalu bagaimana cara mengatasi SMS Banking BCA yang terblokir? Jika ingin tahu berikut akan dijelaskan secara lengkap pada pembasahan kali ini.

Baca Juga:  Bayar Pajak Melalui Layanan BCA

Penyebab

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengatasi SMS Banking yang terblokir itu sendiri, terlebih dahulu kalian sebagai nasabah BCA perlu mengetahui apa faktor penyebabnya. Untuk penyebab terblokir tersebut ada beberapa faktor yang biasanya ditemui oleh para nasabah. Berikut faktor penyebab umumnya:

Salah Memasukan PIN

Faktor penyebab mengapa SMS Banking BCA bisa terblokir yang pertama adalah dikarenakan kesalahan si pengguna layanan SMS Banking itu sendiri salah dalam memasukkan PIN ketika ingin melakukan transaksi. Karena layanan SMS Banking pun sama seperti ATM apabila salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut maka akan terblokir secara otomatis.

Pihak BCA Yang Memblokir

Penyebab kedua dapat dikarenakan dari pihak bank BCA sendirilah yang memblokirnya. Biasanya layanan SMS Banking yang terblokir seperti ini dikarenakan pihak bank mencurigai atas transaksi tidak wajar yang dilakukan oleh sang nasabah atau sedang disalahgunakan, dengan alasan itu pihak bank biasanya langsung memblokirnya secara otomatis.

Ponsel Hilang (Nasabah Meminta Pemblokiran)

Faktor penyebab terblokirnya SMS Banking yang ketiga atau terakhir itu sendiri bisa dikarenakan oleh pengguna SMS Banking BCA itu sendiri yang meminta untuk memblokirnya. Hal tersebut biasanya terjadi ketika nasabah BCA kehilangan ponselnya atau nomor yang terdaftar di layanan SMS Banking. Pemblokiran itu dilakukan supaya akun SMS Banking tidak disalahgunakan oleh orang yang menemukan ponsel-nya.

Cara Mengatasinya

Apabila kalian sudah mengetahui penyebab atau masalah yang biasanya mengakibatkan layanan SMS Banking tersebut bisa terblokir, maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Untuk cara mengatasinya sendiri ada beberapa cara dapat kalian lakukan, berikut adalah cara-cara tersebut:

Datang ke Kantor Cabang

Mengatasi masalah SMS Banking BCA yang terblokir bisa dengan cara datang langsung ke kantor cabang Bank BCA terdekat. Tidak harus datang ke kantor cabang dahulu ketika kalian pertama kali membuka rekening, sehingga kantor cabang mana saja bisa. Berikut langkahnya:

  • Pertama datang ke kantor cabang bank BCA terdekat.
  • Kemudian langsung ambil nomor antrean.
  • Tunggu hingga nomor antrean kalian dipanggil oleh Customer Service.
  • Setelah nomor antrean kalian dipanggil, sampaikan maksud kedatangan kalian, yang mana ingin membuka pemblokiran pada akun SMS Banking.
  • Dengan begitu CS akan mulai memprosesnya hingga selesai.

Syarat:

Tapi sebelum datang ke kantor cabang lebih baik kalian lengkapi dulu persyaratan untuk pembukaan pemblokiran SMS Banking BCA tersebut. Persyaratan itu sendiri tidak sulit untuk dilengkapi, dimana kalian perlu membawa:

  • Kartu ATM BCA.
  • Buku Tabungan.
  • Kartu identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor.
  • Nomor SMS Banking yang terblokir.

Menelpon Call Center BCA

Cara kedua bisa dikatakan akan sangat memudahkan bagi kalian para nasabah BCA yang layanan SMS Bankingnya terblokir. Apabila cara yang pertama adalah dengan datang ke kantor cabang, dengan cara ini kalian tidak perlu datang langsung ke kantor cabang karena kalian cukup menelpon call center BCA untuk meminta bantuan.

Caranya lumayan mudah di mana kalian cukup menelpon ke nomor call center tersebut hingga tersambung dengan Customer Servicenya. Apabila sudah tersambung, maka langsung saja kalian sampaikan maksud menghubunginya yakni meminta bantuan untuk membukakan pemblokiran akun SMS Banking.

Nantinya Customer Service akan bertanya beberapa informasi data diri kalian untuk proses pembukaan. Oleh karena itu sebelum mulai menelpon call center tersebut kalian harus menyiapkan seperti KTP, kartu ATM, buku tabungan serta nomor SMS Banking yang terblokir supaya nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Selain persyaratan tersebut, sebelum melakukan panggilan kalian juga harus memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan. Apalagi panggilan ini nantinya memerlukan biaya pulsa lumayan banyak, mungkin ini menjadi salah satu kekurangan apabila kalian melakukan cara ini.