Latar Belakang: Definisi, Cara Membuat & Contoh

Posted on

Pengertian Latar Belakang dilengkapi dengan cara membuat, struktur dan contoh akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

latar belakang

Kalian pasti pernah disuruh membuat karya ilmiah atau jurnal kan di sekolah? Ternyata tugas ini akan berperan penting untuk masa depan kalianKenapa? Karena jika kalian sudah bisa membuat karya ilmiah yang baik, maka dijamin membuat skripsi adalah urusan kecil. Karena skripsi memang mirip seperti karya ilmiah zaman SMA, hanya saja membutuhkan analisis dan laporan yang lebih mendalam.

Nah, agar kalian dapat menghasilkan karya ilmiah yang bagus, kalian harus memiliki latar belakang yang kuat mengenai karya ilmiah tersebut. Dengan latar belakang yang kuat, karya ilmiah kalian pun jadi tidak mudah terbantahkan dan bisa dianggap kompeten.

Lalu, sebenarnya apa dan bagaimana sih cara membuat latar belakang yang bagus itu? Langsung saja simak ulasan lengkap di bawah ini mengenai latar belakang!

Pengertian

Latar belakang adalah penjelasan dalam bentuk uraian paragraf yang berisi alasan mengapa sebuah karya tulis dibuat. Misalnya, jika untuk karya ilmiah berarti kalian harus menjelaskan mengapa topik karya ilmiah tersebut dibuat. Jika proposal pensi, mengulas alasan mengapa pensi tersebut harus diadakan. Dengan adanya latar belakang, pembaca jadi tahu hal apa yang hendak disampaikan dalam karya ilmiah tersebut. 

Untuk mendukung penulisan karya ilmiah yang kompeten, maka latar belakang yang baik harus disusun dengan detail dan kalau bisa disertai dengan data atau fakta yang mendukung. Latar belakang dapat juga berupa perbandingan dan penyempurnaan atas tulisan tentang topik yang serupa sebelumnya.

Untuk masalah seberapa panjang latar belakang, tidak ada patokan khusus. Semuanya tergantung dari kepentingan karya ilmiah itu sendiri. Jika memang banyak masalah yang dijabarkan, maka tidak heran jiia latar belakang bisa lebih dari satu lembar. Tapi jika masalah yang dijabarkan hanya sedikit dan tidak mendalam, mungkin latar belakang bisa dibuat sebanyak 1-2 halaman saja.

Isi

Poin-poin atau isi dari latar belakang secara lebih spesifik adalah sebagai berikut:

  • Suatu alasan rasional dan esensial berdasarkan dengan data, fakta, maupun referensi yang ada. Alasan tersebut dipakai untuk acuan ketertarikan dari sang peneliti.
  • Gejala-gejala yang ada di lapangan yang lalu memunculkan permasalahan untuk selanjutnya diteliti lebih lanjut.
  • Adanya permasalahan yang kompleks serta pelik yang muncul kalau dibiarkan begitu saja serta tidak secepatnya dicari solusinya.
  • Pendekatan yang ditinjau pada segi teoritis yang bertujuan untuk mengatasi masalah.

Cara Membuat

Nah, agar latar belakang yang kalian buat tidak salah tulis, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus kalian perhatikan saat menulis latar belakang.

  • Kondisi ideal tentang bagaimana seharusnya suatu keadaan berjalan, bisa ditulis dalam bentuk visi dan misi yang hendak dicapai.
  • Kondisi faktual tentang keadaan yang benar-benar terjadi saat ini, bisa berupa masalah sehingga menjadi dasar dibuatnya suatu penelitian atau kegiatan. Kalian dapat memberikan data atau fakta terkait supaya lebih kredibel.
  • Membahas penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti baik dari negara atau tempat lain tentang topik terkait.
  • Apabila karya ilmiah kalian memiliki kelemahan, dalam latar belakanglah kalian harus menjelaskan kelemahan tersebut.
  • Tujuan penelitian, di mana kalian membahas permasalahan karya ilmiah lebih detail dan dalam.
  • Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah.
  • Perumusan singkat mengenai pertanyaan penelitian.
  • Solusi berupa saran singkat atau penawaran solusi terhadap masalah sebelum lanjut ke pokok pembahasan.

Alur Penulisan

Agar kalian tidak bingung, penulisan latar belakang dibagi ke dalam 3 bagian. Bagian pertama adalah di mana kalian menjelaskan tentang masalah yang akan diangkat (kalau lihat di atas, poin nomor 1).

Kemudian, bagian kedua adalah penjelasan mengenai isi yang berupa fakta, data, fenomena, dan pendapat ahli terkait karya ilmiah yang kalian buat. Di sini kalian akan menjelaskan juga kelemahan penelitian, tujuan, metode, dan pertanyaan penelitian.

Kemudian bagian terakhir, berupa saran atau alternatif penyelesaian masalah yang nantinya akan jadi pokok pembahasan dalam karya ilmiah milik kalian.

Contoh

Judul: Pengaruh Perpustakaan di Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan

Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan pola berpikir manusia.

Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tak akan bisa maju selama belum membenahi kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa bisa meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam UUD tahun 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat yang belajar.

Masyarakat belajar bisa terbentuk jika mempunyai kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Jika membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan tepat sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perpustakaan adalah bagian yang penting dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.