Jenis-jenis Sudut

Posted on

Jenis-jenis Sudut dilengkapi dengan definisi dan macam-macamnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

jenis jenis sudut

Kata sudut pasti sudah sangat familiar di telinga kalian, bahkan setiap hari saja kalian dapat melihat sudut di lingkungan sekitar kalian, tapi mungkin kalian masih belum bisa membedakan berbagai macam sudut seperti sudut lancip dan sudut siku-siku.

Maka dari itu AFKGG di sini akan menjelaskan jenis-jenis sudut dan juga pengertian dan beberapa contoh sudut supaya kalian bisa mengerti lebih jauh tentang sudut. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, silakan kalian simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Sudut merupakan daerah yang tersusun oleh 2 garis lurus yang salah satu titik pangkalnya bertemu membentuk titik sudut dan kaki sudut. Titik sudut biasa disebut juga “vertex” yang digunakan sebagai patokan untuk mengukur besar sudut dan kaki sudut menunjukkan daerah yang dibentuk oleh sudut. 

Sudut atau dalam bahasa inggris: angle, dieja “ˈaNGgəl”. Berdasarkan besar sudut dibagi menjadi 7 macam yaitu: sudut nol derajatsudut tumpulsudut lancipsudut siku-sikusudut refleks, dan sudut penuh.

Macam-macam Sudut Berdasarkan Ukurannya

jenis jenis sudut

Ada beberapa macam sudut jika dibagi berdasarkan besarnya ukuran sudut, antara lain sebagai berikut.

  • Sudut lancip, adalah sudut yang berukuran kurang dari 90 derajat. Contohnya sudut e pada gambar.
  • Sudut siku-siku, adalah sudut yang berukuran tepat 90 derajat. Contohnya sudut f pada gambar.
  • Sudut tumpul, adalah sudut yang berukuran lebih dari 90 derajat tetapi kurang dari 180 derajat. Contohnya sudut g pada gambar.
  • Sudut lurus, adalah sudut yang berukuran tepat 180 derajat. Contohnya sudut h pada gambar.
  • Sudut refleks, adalah sudut yang berukuran lebih dari 180 derajat namun kurang dari 360 derajat. Contohnya sudut i pada gambar.
  • Sudut penuh, adalah sudut yang berukuran tepat 360 derajat. Contohnya sudut j pada gambar.

Macam-macam Sudut Berdasarkan Posisi

Ada beberapa macam sudut berdasarkan posisinya antara lain sebagai berikut.

  • Sudut-sudut bersebelahan, adalah dua sudut yang dibentuk tiga garis menggunakan satu titik vertex. Contohnya sudut k dan l pada gambar.
  • Sudut-sudut vertikal (sudut bertolak belakang), adalah dua sudut yang saling bertolak belakang dan dibentuk oleh perpotongan dua garis. Contohnya sudut m dan n pada gambar.
  • Sudut-sudut komplementer, adalah dua sudut bersebelahan yang jumlah keduanya tepat 90 derajat. Contohnya sudut o dan p pada gambar.
  • Sudut-sudut supplementer, adalah dua sudut bersebelahan yang jumlah keduanya 180 derajat. Contohnya sudut q dan r pada gambar.

Mengukur Besar Sudut

Pengertian besar sudut adalah besar daerah yang dibentuk oleh sudut dalam satuan derajat pada interval 0° – 360°. Besar sudut 0° terjadi jika sudut tidak membentuk daerah dan besar sudut 360º terjadi ketika sudut membentuk daerah lingkaran sempurna. Untuk mengukur besar sudut kalian bisa menggunakan busur derajat.

Tips: Untuk mengukur besar sudut: salah satu garis sudut harus berimpit dengan alas busur, titik pangkal tengah berada pada pusat busur, lalu dilanjutkan mengukur besar sudut dari skala nol.

Baca Juga: