Hewan Karnivora: Ciri-ciri, Habitat & Contohnya

Posted on

Pengertian Hewan Karnivora dilengkapi ciri-ciri dan contohnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

hewan karnivora

Berdasarkan jenis makanannya, hewan diklasifikasikan menjadi 3 jenis yakni hewan pemakan tumbuhan yang disebut dengan Herbivora, hewan pemakan daging Karnivora, serta hewan pemakan segala Omnivora.

Dengan adanya perbedaan jenis makanan tersebut, ekosistem di alam bisa dikendalikan dan berjalan dengan teratur. Keteraturan tersebut dikarenakan adanya sinergi dalam rantai makanan yang memungkinkan adanya keseimbangan pada alam.

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai hewan pemakan daging atau karnivora. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, silakan simak ulasannya berikut ini.

Pengertian

Menurut asal katanya, Karnivora berasal dari kata ‘caro‘ yang berarti daging, dan ‘vorare‘ yang berarti makanan dalam bahasa Latin. Jadi bisa disimpulkan menurut bahasa hewan karnivora merupakan hewan yang memakan daging.

Karena memakan daging, maka hewan-hewan tersebut mempunyai kemampuan dalam memburu mangsanya untuk memperoleh makanannya.

Dengan kepandaiannya dalam memburu mangsanya, hewan pemakan daging tersebut dapat dikategorikan sebagai binatang buas. Walaupun begitu, ada juga hewan pemakan daging yang tidak buas dan tergolong jinak, misalnya kucing.

Untuk dapat melakukan perburuan dan memakan daging, hewan tersebut mempunyai kuku yang tajam dan juga gigi taring untuk merobek daging makanannya.

Kemampuan lain yang dimiliki oleh hewan pemakan daging adalah kemampuannya dalam mengincar musuh untuk mendapatkan makanan. Mereka bisa mengintai serta berlari cepat.

Dalam perkembangbiakannya, hewan pemakan daging kebanyakan berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar), tetapi beberapa hewan pemakan daging berkembang biak dengan bertelur.

Ciri-ciri

Berdasarkan jenis makanannya, hewan-hewan memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dan bisa diamati. Walaupun begitu masih terdapat adanya kesamaan beberapa sifat hewan yang satu dengan yang lainnya yang berbeda jenis makanan. Ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan pemakan daging antara lain adalah:

  • Daging merupakan makanan utama
  • Termasuk dalam golongan mamalia, yaitu hewan yang mempunyai kelenjar susu
  • Umumnya tergolong ke dalam hewan vertebrata, yaitu hewan bertulang belakang
  • Mempunyai kemampuan dalam memburu mangsa sebagai makanannya
  • Umumnya hidup di darat, tetapi ada yang hidup di air
  • Kebanyakan dari mereka adalah hewan buas
  • Untuk mengoyak daging mangsanya, hewan karnivora mempunyai taring dan kuku yang tajam
  • Pergerakannya sangat cepat
  • Mempunyai pendengaran dan penglihatan yang sangat tajam

Habitat

Kebanyakan hewan pemakan daging ini hidup di darat, walaupun ada juga beberapa dari mereka yang hidup di air dan hidup di udara. Hal ini dikarenakan di darat terdapat lebih banyak mangsa besar untuk dijadikan sumber buruan untuk memperoleh makanan.

Hewan-hewan pemakan daging tersebut banyak hidup di alam liar seperti hutan, karena di dalam hutan terdapat banyak hewan besar.

Contoh

Singa

Singa adalah hewan pemakan daging yang mempunyai julukan raja hutan. Dengan kemampuannya memburu mangsa, singa dikenal sebagai hewan yang menakutkan dan berbahaya karena kebuasannya.

Harimau

Masih satu kerabat dengan singa, harimau juga dikenal sebagai hewan pemburu yang sangat ganas. Harimau juga merupakan spesies kucing yang paling besar dari yang lainnya. Harimau masuk ke dalam hewan vertebrata yang berdarah panas. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan lari yang tinggi seperti cheetah.

Buaya

Buaya adalah hewan pemakan daging yang hidup di dua alam, yakni darat dan air. Tidak seperti kebanyakan hewan pemakan daging lainnya yang berkembang biak dengan cara melahirkan, buaya berkembang biak dengan cara bertelur. Telur-telur buaya biasanya disimpan di daerah rawa-rawa yang tertimbun.

Macan Tutul

Macan tutul adalah sejenis harimau yang mempunyai motif khas pada tubuhnya yakni bintik-bintik hitam berukuran sedang. Macan tutul termasuk binatang yang dilindungi karena banyak diburu oleh manusia karena keindahan motif tubuhnya.

Serigala

Jika dibandingkan dengan keluarga kucing, serigala merupakan hewan pemakan daging yang berukuran lebih kecil. Walaupun kecil, serigala bisa memangsa hewan lain dengan buas. Tubuh serigala mirip seperti tubuh anjing yang biasa dijumpai dan dipelihara manusia.