Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Posted on

Download Video Instagram Tanpa Aplikasi – Ada banyak sekali konten foto/video yang menarik di Instagram yang dibagikan setiap harinya oleh para pengguna Instagram dari seluruh dunia. Kadang-kadang kita menemukan foto/video yang entah itu lucu, unik, atau memiliki manfaat sehingga kita ingin menyimpannya.

download video instagram

Namun sayangnya Instagram tidak memiliki fitur download yang memungkinkan kita untuk mendownload foto/video tersebut secara langsung dari aplikasi Instagram. Kita hanya dapat menyimpan video tersebut dengan menekan tombol save, lalu foto/video itu akan masuk ke koleksi akun IG kita, namun tidak mendownload filenya.

Lalu apa solusinya? Pada kesempatan kali ini AFKGG akan membagikan sebuah tutorial sederhana supaya kalian dapat mendownload foto/video di Instagram secara langsung tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Yang kalian butuhkan hanya sebuuah posnel android atau iPhone, Laptop, atau PC yang sudah terhubung ke jaringa internet serta browser, dapat menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari bagi para pengguna iPhone dan iPad.

Baca Juga:  Aplikasi Pemotong Video Terbaik Android Terbaru

Cara Download Video IG

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kalian lakukan jika ingin menyimpan foto/video di Instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga.

Cari postingan yang ingin kalian simpan

Langkah pertama kalian harus cari dulu ke postingan video yang ingin kalian download, atau jika video tersebut sudah pernah kalian simpan melalui fitur save IG maka kalian pergi ke halamannya dengan cara klik menu Saved. Sama halnya apabila ingin mendownload video IG sendiri maka masuk dulu ke postingan yang dimaksud.

Salin link url postingan tersebut

Selanjutnya kalian salin atau copy link url postingan foto/video Instagram yang ingin kalian download. Caranya adalah dengan klik pada titik tiga yang ada di pojok kanan atas postingan lalu akan muncul jendela pop up lalu klik lagi opsi Copy Link. Setelah kalian klik maka Url foto/video itu telah tersalin di clipboard.

Masuk ke situs Instagram Downloader

Langkah selanjutnya adalah kalain harus membuka situs Instagram downloader melalui browser. Ada beberapa situs bagus yang sering saya pakai, kalian bisa memilih salah satunya.

Saya memberikan beberapa opsi situs agar nanti jika ada yang down atau telah tutup maka kalian dapat menggunakan link yang lain. Langsung saja klik salah satu link di atas, nantinya kalian akan dibawa ke halaman utama situsnya.

Paste link url

Pada halaman situs itu akan ada form tempat dimana kalian akan diminta untuk paste url video instagram yang tadi telah kalian copy. Paste link di sana dengan cara klik kanan > paste. Atau tahan agak lama untuk pengguna ponsel.

Klik download video

Kemudian klik tombol Download, tunggu sebentar sampai situs membaca konten video, nanti jika sudah selesai maka akan muncul tombol Download Video, klik tombol tersebut. Setelah itu foto/video akan secara otomatis terdownload ke komputer atau ponsel yang kalian gunakan. Video yang dihasilkan dengan cara ini biasanya memiliki resolusi sebesar 360p (640×360) dengan ukuran file yang kecil tentunya.

Selesai

Selesai, kalian telah berhasil menyimpan foto/video instagram yang kalian inginkan. Selanjutnya kalian dapat share ulang video tersebut.

Kelebihan

  • Tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Caranya sangat mudah, semudah copy-paste link saja.
  • Dapat mendownload semua konten video baik di akun sendiri, teman, atau akun lain yang kalian follow.
  • Dapat mendownload video IG tanpa perlu follow asalkan akun tersebut publik dan tidak di-private.
  • Dapat digunakan pada ponsel android, iPhone, iPad, Mac, laptop dan PC Windows.
  • Bisa digunakan untuk semua merek hp (Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Advan, Vivan, Mito, Evercross, Huawei, Nokia, dan Asus).

Kekurangan

  • Tidak dapat mendownload video sekaligus banyak, harus dilakukan satu-satu.
  • Tidak dapat merepost video.
  • Tidak dapat mendownload video dari akun yang belum difollow serta diset private.
  • Situs downloader terkadang banyak muncul iklan pop up yang sangat mengganggu.
  • Tidak dapat mendownload video dengan resolusi tinggi.