Daur Hidup Hewan: Definisi, Jenis & Contohnya

Posted on

Pengertian Daur Hidup Hewan dilengkapi jenis dan ciri-cirinya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

daur hidup hewan

Seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini akan mengalami perubahan bentuk tubuh seiring bertambahnya usia makhluk hidup tersebut. Proses perubahan ini biasa disebut dengan daur hidup.

Antara manusia, hewan dan tumbuhan mempunyai tahapan daur hidup yang tidak sama. Daur hidup pada hewaan sering juga disebut dengan proses metamorfosis. Hewan memiliki 2 jenis daur hidup yaitu daur hidup dengan metamorfosis dan daur hidup tanpa metamorfosis.

Jika kalian ingin tahu lebih dalam mengenai daur hdup pada hewan, simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan dibawah ini.

Pengertian

Daur hidup hewan adalah suatu proses perubahan bentuk tubuh suatu hewan sepanjang hidupnya. Proses ini dimulai dari masih dalam bentuk telur hingga dewasa.

Perubahan bentuk tubuh pada hewan ini diakibatkan oleh adanya pertumbuhan sel yang terjadi seiring berjalannya waktu. Cepat lambatnya pertumbuhan pada hewan dapat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan hewan tersebut.

Apabila dilihat dari bentuk tubuhnya, hewan memiliki 2 bentuk daur hidup yaitu daur hidup dengan metamorfosis atau daur hidup tanpa metamorfosis, berikut penjelasanya.

Metamorofsis

Metamorfosis dibedakan menjadi metamorphosis sempurna dan metamorphosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk dan fungsi tubuh yang sangat berbeda (mencolok) selama tahap pertumbuhannya. Metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk dan fungsi tubuh yang tidak terlalu berbeda (tidak mencolok) selama tahap pertumbuhannya.

Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna adalah, suatu bentuk proses metamorfosis yang mengalami serta melewati empat tahapan, diantaranya adalah telur, larva, pupa, nimfa, imago. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna diantaranya adalah kupu-kupu, nyamuk dan katak.

Metamorfosis tidak sempurna

Metamorfosis sempurna adalah, suatu bentuk proses metamorfosis yang hanya mengalami serta melewati tiga tahapan saja, yaitu dari telur menjadi nimfa/larva dan terkahir menjadi dewasa.

Pada jenis hewan yang mengalami proses metamorfosis tidak sempurna bentuk tubuh muda dari hewan ini cenderung mirip dengan induknya, hanya saja ada sebagian tubuhnya yang belum terbentuk sempurna.

Adapun beberapa jenis hewan yang mengalami metamorfosi ini, diantaranya adalah capung, belalang, jangkrik dan kecoa.

Tanpa Metamorfosis

Daur hiidup hewan tanpa mengalami metamorfosis adalah daur hidup yang biasanya tidak terdapat tahapan proses hewan menjadi larva atau pupa.

Apabila hewan yang mengalami metamorfosis sempurna kebanyakan dari jenis serangga, Hewan dengan metamorfosis tidak sempurna kebanyakan dari jenis hewan unggas dan hewan yang berkembang biak dengan cara beranak.

Hewan-hewan yang mengalami daur hidup tanpa metamorfosis diantaranya adalah ayam, kucing, sapi, kambing dan ikan.