Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Posted on

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android – Ponsel kamu sedikit lama dalam pengoperasiannya? Bisa jadi itu disebabkan karena ponsel android kamu penuh dengan cache atau pun kebanyakan aplikasi yang terinstall di ponsel android kamu.

Apakah itu menjadi masalah? Memangnya kenapa kalau ponsel android dalam kondisi ruang penyimpanan yang hampir penuh?

Jelas sekali akan mengganggu. Baik untuk keperluan aplikasi lainnya atau hanya sekedar ingin berfoto saja tidak bisa. Sangat mengganggu bukan?

Ponsel android sekarang sudah semakin canggih dan lengkap. Banyak fitur yang disediakan oleh para vendor smartphone. Dari aplikasi yang penting hingga biasa saja. Itu sebabnya kita tidak perlu banyak mendownload dan menginstall aplikasi lain lagi.

Tetapi, aplikasi yang sudah tersedia di ponsel android tersebut tidaklah semua digunakan oleh para pengguna ponsel android. Benar tidak?

Kebanyakan aplikasi bawaan atau disebut juga dengan bloatware tersebut tidak digunakan bahkan tidak dibuka sama sekali. Benar – benar tidak dibutuhkan bukan aplikasi bawaan tersebut.

Aplikasi bawaan yang tidak digunakan itu dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel android kalian.

Itu sebabnya menghapus aplikasi bawaan tersebut, dapat memberikan sedikit ruang kosong terhadap ruang penyimpanan pada ponsel android kamu.

Lalu, bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan pada ponsel android? Apakah bisa aplikasi bawaan dihapus seperti aplikasi lainnya? Sedangkan tidak ada pilihan unistall pada aplikasi bawaan di ponsel android.

Lantas bagaimana caranya?

Setelah ini akan dipaparkan cara menghapus aplikasi bawaan di android tanpa menggunakan root. Simak terus ya.

Oh ya bagi para pengguna smartphone Xiaomi, kamu juga dapat melihat dan mencoba langkah – langkah cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone Xiaomi ya.

Menghapus aplikasi bawaan tanpa aplikasi tambahan

Kamu dapat menghapus aplikasi bawaan pada ponsel android kamu dengan bantuan aplikasi yang tersedia di ponsel android kamu itu sendiri. Berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone android tanpa aplikasi tambahan.

Dengan menonaktifkan aplikasi

Menghapus aplikasi bawaan memang tidak mudah. Tetapi, kamu dapat menonaktifkan aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus pada ponsel android kamu. Berikut langkah – langkah menonaktifkan aplikasi bawaan pada ponsel android:

  • Buka menu pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Kemudian pilihlah aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus ya
  • Dan klik Disable atau Nonaktifkan

Ketika kamu mengecek di beranda ponsel android kamu sudah tidak ada, tetapi aplikasi tersebut masih ada dan tidak terhapus.

Menghapus aplikasi bawaan dengan aplikasi tambahan

Kamu dapat menggunakan aplikasi tambahan jika ingin menghapus aplikasi bawaan pada ponsel android kamu.

Aplikasi CCleaner

Aplikasi CCleaner merupakan aplikasi tambahan yang paling diminati oleh para pengguna android. Aplikasi ini membantu para pengguna android dalam mengatasi masalah dalam menghapus aplikasi bawaan pada ponsel android.

Cara untuk menghapus aplikasi bawaan yang ada pada ponsel android yaitu sebagai berikut:

  • Download dan install aplikasi CCleaner: Memory Cleaner, Phone Booster, Optimizer pada Play Store ya
  • Tunggu beberapa menit hingga aplikasi CCleaner terpasang di ponsel android kamu
  • Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi CCleaner
  • Pada pojok atas sebelah kiri terdapat garis tiga, klik garis tiga tersebut untuk melihat pilihan menu yang tersedia ya
  • Kemudian kamu pilih App Manager
  • Pilih System dan klik tombol tempat sampah untuk menghapus aplikasi bawaan
  • Kemudian akan muncul notifikasi pada layar ponsel android kamu, jika benar – benar ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut maka klik Continue
  • Pilih aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus yang tidak pernah kamu gunakan atau tidak terlalu bermanfaat ya
  • Kemudian klik Uninstall untuk menghapus aplikasi bawaan yang telah kamu pilih tadi
  • Saat muncul notifikasi pada layar ponsel android kamu, klik OK jika kamu benar – benar ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut ya
CCleaner

Setelah itu aplikasi bawaan yang kamu pilih tadi sudah tidak ada ya dan terhapus aplikasi tersebut.

Kamu harus benar – benar yakin bahwa aplikasi yang akan kamu hapus itu tidak memiliki peran penting untuk ponsel android kamu ya. Karena jika kamu menghapus aplikasi bawaan yang salah, maka sistem akan mengalami beberapa masalah pada ponsel android kamu.

Bagaimana? Kamu dapat mencoba untuk menghapus aplikasi bawaan pada android kamu kan?

Penting. Pastikan aplikasi yang kamu hapus tidak memberikan masalah pada sistem android kamu jika ingin menghapus aplikasi bawaan ya.

Baca juga:

Silakan kalian mencoba cara mana yang menurut kalian paling aman dan masih dapat dimengerti. Yang pasti kamu harus memastikan bahwa aplikasi bawaan yang akan kamu hapus tidak mengganggu kinerja ponsel android kamu sendiri ya.

Demikian artikel mengenai cara menghapus aplikasi bawaan pada ponsel android. Semoga cara ini dapat membantu kamu mengatasi masalah dengan ponsel android kamu. Terima kasih.