Cara Cek Saldo BNI

Posted on

Cara Cek Saldo BNI – Bank Nasional Indonesia (BNI) selaku bank pertama yang dimiliki Pemerintah Republik Indonesia yang lahir setelah kemerdekaan memiliki sejarah panjang dalam hal layanan nasabah.

cek saldo bni

Bank ini pernah berfungsi sebagai bank sentral yang mengedarkan Oeang Republik Indonesia (ORI) yang telah resmi beredar sejak 30 Oktober 1946 sampai memunculkan layanan-layanan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah, serta Bank Sarinah.

Dengan adanya pengalaman panjang tersebut, bank ini sudah paham betul bagaimana cara merespon harapan-harapan nasabah terhadap lembaga perbankan. Bank ini terus berprogres menjadi bank yang dinamis dengan cara melakukan perubahan menuju arah yang benar. Salah satunya adalah dengan mendirikan kantor cabang di luar negeri.

Setelah krisis moneter yang terjai di Indonesia pada tahun 1998, BNI tetap bertahan serta bangkit dan berusaha untuk merebut kembali kepercayaan masyarakat Indonesia. 

Rebranding dengan memberikan angka ’46 pada kata BNI dilakukan untuk membangun ulang citra baik BNI. Berbagai layanan ditingkatkan mulai dari yang paling simple seperti cek saldo sampai penambahan produk perbankan. Semuanya diberikan supaya para nasabah, tak ragu dengan BNI.

Bagi yang penasaran dengan layanan BNI, khususnya layanan cek saldo, berikut ini akan dibahas secara lengkap. Mulai dari metode yang sudah biasa digunakan sampai yang telah menggunakan teknologi terbaru.

Ada tiga cara untuk mengetahui sisa saldo rekening Bank BNI. Dari yang konvensional menggunakan ATM hingga yang memanfaatkan teknologi komunikasi lewat fitur SMS Banking. Nasabah cukup memilih mana yang ingin mereka gunakan. Inilah cara-caranya.

Baca Juga:  Cara Daftar mBanking BNI

1. Melalui Mesin ATM

Metode yang satu ini sudah sangat dekat dengan kalian yang terbiasa memakai layanan bank. Saat mendaftarkan diri sebagai nasabah BNI kalian akan mendapatkan buku rekening beserta kartu ATM.

Nantinya ketika kalian membutuhkan uang atau sekadar ingin cek saldo di rekening, kalian tinggal mendatangi mesin ATM BNI yang terdekat. Layanan ATM BNI siap siaga selama 24 jam. Melalui mesin ATM BNI, kalian dapat melakukan penarikan tunai, setoran tunai, cek saldo, transfer, registrasi e-channel, dan berbagai jenis pembelian serta pembayaran tagihan.

Cara memakai kartu ATM bisa dibilang sangat mudah untuk dimengerti. Karena apa yang ada di layar monitor mesin ATM sudah jelas petunjuknya sehingga tidak mungkin kalian akan terkendala dalam menggunakannya.

Penting untuk kalian ketahui, PIN yang kalian miliki adalah tanggung jawab pribadi dan supaya tetap aman perlu kalian ubah secara berkala. Jika kalian menemukan permasalahan contohnya kartu ATM tertelan, segera hubungi call center.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk cek saldi melalui mesin ATM:

  • Pergi ke mesin ATM BNI terdekat atau ATM lainnya yang mempunyai logo ATM Bersama
  • Masukkan kartu ATM serta password kalian lalu pilih menu Cek Saldo

2. Melalui SMS Banking

Ada banyak manfaat lain yang diberikan fasilitas SMS Banking BNI ini selain melakukan pengecekan saldo, seperti informasi mutasi rekening, melakukan transfer uang, pembayaran tagihan kartu kredit, atau informasi kartu kredit BNI.

Fasilitas SMS Banking BNI bisa kalian manfaatkan setelah kalian melakukan registrasi diri terlebih dahulu. Sejauh ini proses registrasi baru dapat dilakukan di mesin ATM atau kantor cabang BNI langsung.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara daftar SMS Banking BNI lewat ATM.

  • Masukkan kartu ATM milik kalian lalu masukkan PIN.
  • Pilih menu Registrasi e-Channel.
  • Pilih menu BNI SMS Banking.
  • Akan uncul notifikasi untuk mengonfirmasi registrasi yang kalian lakukan. Jika ingin melanjutkan, pilih Setuju.
  • Lalu akan muncul notifikasi konfirmasi yang kedua. Jika tetap melanjutkan, pilih Setuju.
  • Selanjutnya akan muncul lagi notifikasi konfirmasi yang ketiga. Jika kalian ingin melanjutkan, pilih Setuju.
  • Masukkan nomor handphone kalian yang aktif dan biasa kalian pakai lalu pilih Tekan Jika Benar.
  • Masukkan nomor handphone lagi dan pilih Tekan Jika Benar.
  • Lalu masukkan PIN SMS Banking BNI sebanyak 6 (enam) digit yang kalian buat dan pilih Tekan Jika Benar.
  • Masukkan kembali PIN SMS Banking BNI dan pilih Tekan Jika Benar.
  • Akan muncul notifikasi konfirmasi. Jika sudah setuju dengan semua informasi yang ditanyakan, pilih Setuju.
  • Masukkan Kode OTP aktivasi finansial.
  • Setelah itu, struk aktivasi akan keluar sebagai tanda jika kalian sudah selesai melakukan registrasi dan aktivasi. Kalian akan mendapat SMS dari 3346.

Registrasi dan aktivasi sudah berhasil dan kalian bisa langsung menggunakan layanan SMS Banking BNI. Layanan ini bisa  digunakan dengan cara mengetik SMS dalam format yang ditentukan.

Layanan-layanan dan fitur-fitur yang ada dalam SMS Banking bisa dilakukan dengan cara mengirimkan SMS ke 3346 dengan format sebagai berikut:

  • SAL untuk melakukan Cek Saldo.
  • HST untuk melakukan Mutasi Rekening.
  • TRF <spasi> No. Rek Tujuan <spasi> Nominal Transfer untuk melakukan Transfer Antarrekening BNI.
  • TRF <spasi> ANTARBANK <spasi> Kode Bank + Rek. Tujuan <spasi> Nominal Transfer <spasi> ##** untuk melakukan Transfer Antarbank/Online.
  • PAY <spasi> BNI <spasi> No. Kartu Kredit <spasi> Jumlah Pembayaran untuk melakukan Pembayaran Kartu Kredit BNI.

3. Melalui Internet Banking

Layanan ini sangat pas untuk para nasabah yang semua aktivitasnya ditunjang dengan internet. Kemudahan-kemudahan yang akan diperoleh dari Internet Banking pastinya layanan-layanan perbankan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Contohnya, melakukan cek saldo, mutasi rekening, transfer, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang berminat untuk memakai layanan ini, ada dua cara yang bisa kalian gunakan, melalui ATM BNI atau customer service di Kantor Cabang terdekat. Jika ingin mendaftarkan diri melalui ATM, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Masukkan kartu ATM BNI dan password rekening kalian
  • Pilih menu Internet Banking nanti kalian akan mendapatkan struk bukti pendaftaran yang berisi 6-8 digit angka Internet banking untuk kalian melanjutkan pendaftaran lewat website
  • Melalui PC/laptop, buka bni.co.id untuk bsia melakukan aktivasi selanjutnya dengan cara klik ke menu Internet Banking
  • Pilih menu link Aktivasi Pendaftaran BNI Internet Banking lalu klik
  • Masukkan 6-8 angka yang adapada struk yang sudah kalian dapatkan dari ATM sebelumnya, masukkan kode captcha, dan 6 digit pendaftaran e-banking
  • Cek ponsel kalian lalu masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan melalui SMS ke ponsel kalian
  • Kalian kemudian akan diminta untuk memasukkan minimal 8 karakter yang berisi kombinasi angka, huruf, dan karakter sebagai password
  • Download aplikasi BNI Internet Banking di ponsel kalian dan mulai aktifkan internet banking dari ponsel kalian

Nah, apabila sudah aktif kalian dapat langsung melakukan berbagai transaksi dan pengecekan saldo dengan cara log in ke aplikasi BNI Internet Banking dan pilih menu Cek Saldo.