Cara Cek Nomor Referensi BCA

Posted on

Cara Cek Nomor Referensi BCA – ketika kalian melakukan transaksi dengan menggunakan fitur internet banking atau menggunakan layanan SMS banking dari berbagai bank, termasuk BCA, kalian akan mendapatkan nomor referensi yang menyatakan jika transaksi sudah berhasil dilakukan. Akan tetapi, mungkin beberapa nasabah masih belum paham, maksud dari nomor referensi itu untuk berguna untuk apa?

nomor referensi bca

Nomor referensi sendiri biasanya disebut dengan nomor identifikasi, seperti nomor seri sebagai tanda jika transaksi sudah berhasil dilakukan. Nomor referensi pun bisa digunakan untuk memudahkan dalama melakukan tracking atau pelacakan sebuah transaksi finansial. Selain itu, nomor referensi bisa juga disebut sebagai nomor unik yang dipakai untuk transaksi yang sudah kalian lakukan. 

Contohnya, tiga bulan lalu, kalian melakukan transaksi pembayaran atau transfer dana ke salah satu rekening milik teman kalian, namun kalian lupa menyimpan print out hasil transaksi tersebut, serta hanya ada nomor referensi yang tersimpan di email kalian. Suatu saat, ketika bukti transaksi tersebut dibutuhkan, kalian dapat datang ke kantor cabang bank terdekat untuk meminta data lengkap mengenai transaksi tersebut dengan cara menyerahkan nomor referensi yang kalian miliki itu.

Selain ada di dalam sebuah transaksi perbankan, nomor referensi juga biasanya terdapat pada transaksi lainnya, hanya berbeda penyebutan. Misalnya, transaksi isi pulsa. Jika kalian perhatikan, ketika kalian melakukan pengisian pulsa di salah satu konter isi pulsa, nomor HP kalian akan menerima SMS dari operator yang berisi mengenai pemberitahuan jika isi ulang yang kalian lakukan sudah berhasil, lalu disertai dengan adanya nomor seri. Nomor seri itu memiliki fungsi yang sama dengan nomor referensi ketika transaksi bank. Nomor referensi pun bisa muncul saat kalian melakukan transfer saldo memakai layanan internet banking bank lain.

Di bank BCA sendiri, lewat layanan internet banking, misalnya KlikBCA, pada tampilan layar laptop atau ponsel kalian, akan terdapat informasi yang berisi tentang tanggal (transfer), waktu, nomor referensi, tujuan transfer, nama, jumlah (nominal transfer), berita, serta jenis transfer. Nomor referensi terdiri dari rangkaian huruf dan angka setelah kalian selesai dan berhasil melakukan transfer, baik ke sesama BCA maupun berbeda bank. Untuk mencoba layanan KlikBCA, kalian bisa melakukan Demo KlikBCA dengan cara mengunjungi situs resmi www.klikbca.com, lalu ikuti instruksi-instruksi yang ada.

Baca Juga: Bayar Pajak Melalui Layanan BCA

Melalui Bank Lain

Selain menggunakan layanan yang disediakan oleh bank, ternyata kalian juga bisa mengetahui nomor referensi BCA melalui bank lain. Misalnya, kalian baru saja mentransfer sejumlah dana dari rekening BRI ke BCA. Pastikan kalian telah pada tahap transfer ke bank lain menggunakan ib Bri. Saat seluruh kolom telah diisi semua, selain kolom Nomor Referensi Nasabah, silakan langsung kalian tekan tombol ‘Kirim’.

Hasilnya, pada layar ponsel atau laptop kalian, akan muncul pemberitahuan tentang pengisian Nomor Referensi sesuai dengan keterangan tersebut. Setelah semua kolom terisi, kalian hanya perlu mengirimkan saja data tersebut. Kemudian, sudah pasti proses transfer atau pengiriman dana kalian ke rekening lain berhasil.

Melalui BCA Mobile

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara melakukan cek nomor referensi trasnfer melalui aplikasi mBanking BCA. Namun perlu kalian ketahui untuk memakai cara ini hanya dapat digunakan jika kalian telah melakukan aktivasi BCA Mobile melalui Kantor Cabang. Apabila sudah sudah, sekarang kalian tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cek bukti transfer :

  • Silahkan buka aplikasi BCA Mobile melalui ponsel lalu pilih menu m-BCA.
  • Lalu input kode akses pada kolom yang tersedia jika sudah, tap Login.
  • Pada tampilan berikutnya silahkan kalian pilih m-Transfer.
  • Untuk mengecek bukti transfer BCA silahkan kalian masuk ke dalam menu Inbox yang ada di bagian bawah.
  • Kemudian akan muncul semua riwayat transfer yang pernah kalian lakukan dari rekening BCA. Silahkan kalian pilih salah satu untuk melihat detail Nomor Referensi Transfer.

Melalui KlikBCA

Selain menggunaka aplikasi BCA Mobile, cek nomor referensi transfer pun dapat kalian lakukan melalui layanan KlikBCA. Sama seperti mBanking, kalian pun harus melakukan aktivasi dahulu apabila ingin menggunakan layanan KlikBCA ini. Jika tidak ada kendala dalam penggunaan KlikBCA, sekarang kita langsung lanjut ke tutorial cek nomor referensi transfer menggunakan fasilitas tersebut:

  • Pertama-tama silahkan kalian buka Browser di ponsel untuk mengunjungi situs KlikBCA.
  • Kemudian kalian masukkan UserID dan Password lalu tap Login.
  • Pada tampilan berikutnya silahkan kalian pilih menu Histori Transasksi yang ada di sebelah kiri.
  • Apabila sudah, sekarang kalian tentukan Periode Transaksi yang ingin kalian ketahui. Pada pilihan Jenis Transaksi silahkan klik Transfer.
  • Nantinya akan muncul beberapa riwayat transfer sesuai dengan periode yang sudah ditentukan. Selanjutnya tap Link di sebelah kiri untuk bisa menampilkan detail transaksinya.
  • Terakhir, kalian akan menemui data lengkap dari transaksi tersebut, tidak terkecuali Nomor Referensi Transfer.