Autobiografi: Ciri-ciri, Struktur & Contohnya

Posted on

Pengertian Autobiografi dilengkapi dengan struktur dan contohnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

autobiografi

Autobiografi atau ada juga yang menyebut otobiografi, merupakan riwayat hidup tokoh yang ditulis oleh tokohnya sendiri, kadang-kadang bersama dengan orang lain. Jenis tulisan ini dibuat berdasarkan kisah perjalanan hidup tokoh, sesuai dengan apa yang telah diceritakan. Banyak hal yang dapat diceritakan sang tokoh, mulai dari masa kecil hingga masa-masa yang membanggakan.

Untuk pembahasan lebih jelasnya, kalian dapat mengamati uraian di bawah ini.

Pengertian

Autobiografi atau otobiografi merupakan biografi yang ditulis oleh subjeknya atau  dalam penggunaan modern, dikarang bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan” atau “dengan”. Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yaitu αὐτός-autos yang berarti sendiri, βίος-bios yang berarti hidup dan γράφειν-graphein yang berarti menulis.

Pengarang auto biografi biasanya mengandalkan berbagai sudut pandang dan bermacam ragam dokumentasi, Sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan sang pengarang. Otobiografi pun terkait dengan memoar, dan kadang-kadang agak sukar membedakan keduanya.

Secara singkat, Pengertian autobiografi adalah tulisan yang di dalamnya berisi tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil hingga dengan sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri (sudut pandang orang pertama).

Autobiografi berisi lika-liku kehidupan seseorang melewati masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga berhasil mencapai keadaanya di masa kini. Penulisan Autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke 3.

Ciri-ciri

Adapun beberapa ciri-ciri dari autobiografi adalah sebagai berikut, antara lain:

  • Berisi perjalanan hidup seseorang;
  • Ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan orang lain;
  • Berisi informasi mengenai pengalaman hidup dari masa sulit hingga pencapaian keberhasilan;
  • Biasanya menggunakan sudut pandang orang pertama, tetapi terkadang ada juga yang menggunakan sudut pandang lain;
  • Biasanya dilengkapi dengan bukti keberhasilan (penghargaan) atau dokumen-dokumen lain yang mendukung;
  • Berisi hal-hal positif dari seseorang sebagai sebuah pencitraan;
  • Ditulis supaya masyarakat bisa mengenal seseorang dan mengambil nilai positif atau hikmah dari perjalanan hidup seseorang yang dituliskan.

Struktur

Sama denga jenis teks lain, teks ini juga memiliki struktur penulisan tersendiri agar menjadi sebuah teks autobiografi yang baik. Berikut adalah strukturnya:

  • Judul yang biasanya berupa nama tokoh atau yang dijelaskan dalam buku
  • Latar belakang keluarga tokoh
  • Latar belakang pendidikan tokoh
  • Latar belakang pekerjaan tokoh
  • Hasil karya, prestasi, penghargaan atau sesuatu yang sudah diraih oleh tokoh tersebut

Contoh

Namaku Ridwan, Umurku 15 tahun. Semasa kecil aku bercita-cita ingin menjadi pemain bulutangkis yang dapat membawa nama Indonesia berkibar di pentas dunia. Aku ingin sekali membanggakan kedua orang tuaku, teman-temanku dan tentunya negeriku.

Pada saat usiaku menginjak 7 tahun. Kakek membelikanku raket sebagai hadiah karena aku mendapat rangking 2 di kelas 1 sekolah dasar. Kakekku sangat jago dalam bermain bulutangkis, dia selalu mengajariku bagaimana cara bermain yang baik dan menemaniku bermain bulutangkis setelah pulang sekolah.

Pada saat usiaku 13 tahun, aku terpilih untuk mewakili sekolahku mengikuti kejuaraan bulutangkis antar sekolah dasar se-kecamatan. Itulah pertama kalinya aku mengikuti kompetisi resmi dan ternyata aku berhasil masuk ke babak final meskipun aku ternyata harus kalah di babak tersebut dan hanya menjadi juara 2. Tapi itu adalah pengalaman berharga yang tidak akan pernah aku lupakan.

Saat ini aku tergabung dalam sebuah sekolah bulutangkis yang ada di kotaku. Aku berharap kemampuanku semakin lama semakin meningkat agar aku bisa mewujudkan mimpi yang aku idam-idamkan.