1 Dekade Berapa Tahun?

Posted on

1 Dekade Berapa Tahun? Dilengkapi dengan contoh soalnya akan kami uraikan secara sederhana agar bisa dengan mudah Anda pahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1 Dekade Berapa Tahun

Pada pembahasan kali ini AFKGG akan membahas mengenai dekade. Dekade biasa digunakan untuk menyatakan suatu usia, mislanya: “salah satu mobil mempunyai usia dari perakitan sehingga sekarang sudah sekitaran 5 dekade”.

Untuk pembahasan lebih lanjut, kalian bisa menyimak ulasannya di bawah berikut ini.

Pengertian

Dekade

Dekade atau bisa juga biasa disebut dengan dasawarsa yang merupakan satuan waktu yang biasa dipakai dalam ilmu matematika untuk menentukan jumlah pada tahun. Dekade atau dasawarsa biasanya dihubungkan dengan beberapa satuan waktu yang lainnya seperti bulan, tahun, windu dan lainnya.

Kata dekade adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti satuan waktu dan dekade ini biasanya dipakai untuk menyatakan sebuah periode atau selang waktu.

Dekade pun dpaat digunakan untuk menyatakan sebuah usia, misalnya saja seperti ini : “Kakek kini sudah berusia lebih dari 8 dekade namun masih terlihat segar, awet muda dan rajin olahraga”.

Dasawarsa atau dekade merupakan sebuah unit waktu yang teridiri dari 10 tahun, dasawarsa sendiri dimulai pada tahun yang berakhiran dengan angka 0 dan juga berakhir pada tahun yang berakhiran dengan angka 9.

Tahun

Satu tahun bisa juga disebut dengan warsa yang merupakan bahasa sangsekerta yang mempunyai arti sebuah periode orbit bumi yang bergerak di dalam orbitnya mengelilingi matahari.

Kemiringan sumbu Bumi pada satu tahun mengalami berlalunya sebuah  musim yang  ditandai dengan perubahan cuca, jam siang dan berdampak pada vegetasi dan kesuburan tanah.

Di daerah beriklim sedang dan sub kutub di seluruh dunia, empat musim biasanya diakui yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Di daerah tropis dan bur  tropis dan sub tropis tidak ada musim yang jelas. Namun di daerah tropis musiman, musim hujan dan kemarau tahunan diakui dan dilacak.

Kata “tahun” juga dipakai untuk sebuah waktu yang terkait longgar dengan, tetapi tidak identik dengan, tahun kalender atau astronomi, sebagaimana tahun musiman, tahun fiskal, tahun akademik, dll.

Demikian pula, “tahun” dabisa pat berarti periode orbit planet manapun: misalnya, tahun Mars atau tahun Venus adalah contoh dari waktu yang diperlukan planet untuk satu transit orbit lengkap. Istilah ini pun bisa dipakai dalam bentuk referensi untuk sebuah periode atau siklus panjang, seperti Great Year.

1 Dekade Berapa Tahun?

Dekade (Inggris: decade) merupakan satuan waktu. Satu dekade sama dengan 10 tahun. 2 dekade artinya 20 tahun, 3 dekade artinya 30 tahun, 4 dekade = 40 tahun, dst.

1 Dekade Berapa Tahun

Dekade biasanya diapkai untuk menyatakan besaran waktu yang relatif besar (lebih dari 10 tahun). Dekade dapat dipakai untuk menyatakan periode (selang waktu), contohnya ”mobil ini sudah saya miliki selama 3 dekade”. Dekade pun dapat digunakan untuk menyatakan usia, contohnya “mobil ini sudah berusia 30 dekade”.

Selain sebagai satuan waktu, kata dekade juga bisa dipakai sebagai penanggalan untuk menyebutkan nama tahun. Untuk penanggalan, kata dekade menunjukkan waktu sekitar periode 10 tahun tertentu. Contohnya “dekade 1990” (artinya sekitar tahun 1990 sampai 1999).

Contoh Soal

Soal 1

Pak Ibnumerupakan seorang guru honorer di sebuah SD. Baliau sudah mengabdi mulai semenjak beliau mulai berkerja sampai sekarang yang sudah terhitung sekitar 1,7 dekade. Berapa tahunkah pak Ibnu sudah mengabdi?

Jawab:

1 dekade = 10 tahun

1,7 x 10 = 17

Jadi, Pak Ibnu sudah mengabdi selama 17 tahun.

Soal 2

Tamara mempunyai mobil kesayangan yang sudah dimilikinya sejak 2 dekade lalu namun kondisi mobilnya masih bagus dengan mesin yang masih terawat dan terjaga. Berapa tahun usia mobil Tamara?

Jawab:

1 dekade = 10 tahun

2 x 10 = 20

Jadi, usia mobil Tamara adalah 20 tahun.

Baca Juga: